Jalan-Jalan KeNai

Blog family traveling tentang adventure, kuliner, hotel, dan tips perjalanan

Sagoo Kitchen, Resto Favorit Para Toean dan Njonjah

Apa yang membuat Sahabat KeNai tertarik untuk datang ke resto atau cafe untuk pertama kalinya? Tampilan resto/cafe, suasana yang ramai, atau review di internet? Di Sagoo Kitchen, kami tertarik karena dari bagian depan aja udah menarik. Berasa kayak dikembalikan ke zaman dulu.

"Bunda, kita makan di sana, yuk!" Nai menunjukkan resto bertuliskan Sagoo Kitchen ketika kami sedang jalan-jalan di Summarecon Mall Bekasi. Nai tertarik karena di area depannya dijual berbagai camilan. Saya malah ikut kesenengan karena camilan-camilan itu mengingatkan saya dengan masa kecil.

sagoo kitchen, restoran di summarecon mall bekasi

Sagoo Kitchen, Resto Favorit Para Toean dan Njonjah


[Silakan baca: Yeaay! Ada Fish & Co. di Summarecon Mall Bekasi]

Nuansa jadul semakin berasa saat kami masuk ke dalam. Udah berasa kayak dilempar ke tahun 80-an. Malah mungkin lebih jauh lagi ke masa lampau kalau melihat buku menunya. Semua nama menu dan keterangannya pakai ejaan lama dengan tulisan huruf sambung.

makanan dan minuman sagoo kitchen
Baca buku menu yang tulisannya menggunakan ejaan lama 😅

Itulah kenapa di judul postingan ini pun saya tulis 'Toean dan Njonjah'. Saya gak tau apakah pada ejaan lama kaya 'njonjah' menggunakan h atau tidak. Tetapi, seperti itu yang tertulis di buku menu Sagoo Kitchen. Lucu sih, tetapi buat Keke dan Nai mungkin agak sedikit sulit membacanya. 😂

Menu Jadul di Sagoo Kitchen


orange crush, minuman jadul
orange crush, es soda gembira, es milo
Ijs Soda Genit, IDR34K
Orange Crush, IDR25K
Ijs Milo Dinosaoers, IDR34K

Selain nama menu yang menggunakan ejaan lama semua, saya juga senang karena di sini disediakan minuman yang jadul. Ada badak dan orange crush. Badak itu minuman bersoda asal Indonesia yang legendaris. Logonya memang binatang bercula tersebut.

tahu telor sagoo kitchen
Tahoe Kopjok Telor, IDR43K
Tahoenya didadar ama telor, dimakan ketjap petis

nasi goreng sapi sagoo kitchen
Nasie Goreng Sapie Pedas, IDR46,5K
Nasie goreng dipakein sapie tjintjang ploes ploes banjak tjabe rawitnja
nasi goreng tempo dulu
Nasie Goreng Tempo Doeloe, IDR39K
Supaja Toean dan Njonjah makin tambah seroe makanja, kita kasih sama ebi

mi kangkung cah sapi
Mee Kangkong Sapie, IDR51K
Mee disirem kangkong tjah sapie dan telor poejoeh

sapo tahu jepang
Sapo Tahoe Jepang, IDR49,9K
Lemboet tahoenja menggoegah selera

Keunikan lainnya adalah makanan di sini disajikan di piring yang berbeda. Beberapa piring malah ada yang gompal pinggirnya. Tetapi, buat saya selama bukan retak dan masih layak untuk digunakan, gak masalah. Malah jadi berasa kayak makanan di rumah. Ya, meskipun di rumah saya gak ada piring yang gompal juga.

Sagoo Kitchen menawarkan berbagai menu makanan. Dari mulai camilan hingga makanan berat. Bagaimana dengan rasanya? Semua menu yang kami pesan rasanya enaaaak! Porsinya pun lumayan banyak. Pengennya pesen lebih banyak lagi karena rasanya yang enak. Tetapi, kapasitas perut udah gak bisa menampung. Pokoknya saya puas banget deh makan di sini. *Baidewei, nama makanan dan semua keterangannya saya tulis persis seperti di buku menu

[Silakan baca: Segarnya Es Kepal Jadoel di Summarecon Mall Bekasi]

Mengenang Nuansa Tempo Dulu


nuansa jaman dulu di sagoo kitchen
Fotonya memang agak blur. Tetapi, saya suka dengan jendela dan dinding di sini. Kayak rumah almarhum kakek di kampung

Saya tertawa ketika melihat Orang Aring masih dijual di sana. Seriusan itu produk masih ada sampai sekarang? Gak menyangka juga!

minyak kayu putih cap ayam
Kalau minyak kayu putih cap ayam ini masih saya pakai sampai sekarang
orang aring
Orang Aring, produk perawatan rambut yang sering saya pakai waktu kecil

Dulu saya akrab banget sama produk ini. Asisten rumah tangga atau tante saya paling rajin kasih Oerang Aring ke rambut saya. Katanya saya anaknya pendiam. Dikasih Oerang Aring juga gak pecicilan. Malah bisa sampai ketiduran. Padahal bau produknya kan menyengat, ya hihihi. Etapi, bisa jadi memang Orang Aring yang bikin rambut saya jadi tebal dan hitam. Kalau sekarang udah mulai beruban, ding 😜

Camilannya juga jadul semua. Ada coklat payung, coklat rokok, permen jahe, hingga permen karet Yosan. Masih inget misteri huruf 'N' di permen karet Yosan? Kayaknya hanya generasi jadul yang tau hihihi. Sayangnya saya gak melihat coklat Superman di sana. 😂

camilan jaman dulu
camilan jaman dulu di sagoo kitchen
Gak ada coklat superman!
Ada coklat payung
Belum pernah ketemu huruf N permen karet Yosan. Tetapi, dulu dikasih tato-tatoan juga udah seneng 😂

Selain di Bekasi, Sagoo Kitchen juga ada di Depok, Bogor, Tangerang, dan Bandung. Dulu, pernah ada di Jakarta. Tetapi, sekarang udah tutup. Kalau Sahabat KeNai pengen nostalgia sama masa kecil, recommended deh Sagoo Kitchen. Di sini gak hanya makanannya yang enak. Tetapi, nuansanya jadulnya juga dapat banget.

[Silakan baca: Kuliner Klasik dan Sepenggal Sejarah di Braga Permai, Bandung]

Kira-kira sekarang saya masih jago main bekel gak, ya?
Sagoo Kitchen Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

Sagoo Kitchen


Summarecon Mall Bekasi
Lantai 1 #DW-119
Jl. Bulevard Ahmad Yani, Marga Mulya, Bekasi Utara
Jawa Barat 17142

Open hours: 10.00 s/d 22.00 wib

35 komentar:

  1. Langgananku ini. Cabang yg di Bandung sih. Makanannya enak2. Suka sama rojaknya. Kerupuk banjur juga sedap. Sekalian masuk mesin waktu liat Jajanan / barang jadul yg dijual disana hehe

    BalasHapus
  2. Ya ampuuun kue-kue masa kecil masih ada. Penasaran yang di Bandung ada juga Sagoo Kitchen. Wuih...jadi ada mau cus ke sana ah. Kuliner kenangan...

    BalasHapus
  3. Duh saya malah berasa bisa bernostalgia nih.
    Ada kuaci gajah yg selalu saya beli saat sekolah dulu. Ada cokelat payung yang dulu jadi favorit dan sekarang Fahmi anak saya masih suka beli. Ada Sangkur dan piring enamel yg pada jadul. Saya juga koleksi ini di rumah. Wah bikin betah kalau saya ke restoran ini hehehe

    BalasHapus
  4. Wah nama menunya lucu-lucu ya mbak, penampakan sajian menunya juga bikin lapar yang melihat. Di Bogor ada ya, nanti nyari deh kalo ke Bogor lagi. Aku pengen pesen Tahoe Kopjok, mirip dengan menu tahu pong di semarang

    BalasHapus
  5. Baca nama restonya kok aku malah ngebayangin ulat sagu Papua yang dimakan hidup-hidup itu ya? ahahaha

    Ih, seru banget banyak makanan jadul. Kalau badak sih di Sumatera aku masih suka minum :)

    Terima kasih ya infonya, nanti aku coba cari deh yang di Tangerang

    BalasHapus
  6. Kue2 di masa kecil bertaburan, termasuk coklat payung favorit hahaha. Kalau mampir ke Jawa boleh nih jadi salah satu tujuan kuliner :)

    BalasHapus
  7. Lucu amaaat restonya. Ini kalo aku ajak anak2 ke situ, mesti ditanya2in terus ini apa, itu apa, hahhaha secara display-nya produk2 jadul semua :D

    BalasHapus
  8. Kisaran harga di sogoo berapa Bu? Saya ngebayanginnya kok mahal ya haha. Dari dulu saya kalo lewat sogoo cuma ngelirik aja. Yang ibu datangi itu tempatnya bagus banget, klasik, vintage gitu. Yang saya pernah lihat kok ya mewah, mau masuk maju mundur. Wkwk

    BalasHapus
  9. Wah menggiurkan dan unik-unik ya ini printilannya! Suka lewat tapi belom tertarik nyoba. Wajib masuk list ini sih, ramah anak juga kelihatannya

    BalasHapus
  10. Ya ampun, itu minyak urang aring favorit mama saya hahaha.
    Enak-enak kayaknya mba, terutama yang ada kangkungnya hehehe
    Meski harganya juga lumayan ya.

    Tapi ada harga untuk sebuah kenangan masa lalu :D

    BalasHapus
  11. ih, jadi mau kesana deh. Aku penggemar hal-hal yang berbau tempoe doeloe

    BalasHapus
  12. Muahahaha... jajanannya itu, mengingatkan masa kecil di Sumatera
    Apalagi desain jendela jadul itu
    Aku bisa merasakan atmosfirnya bahkan hanya dengan melihat foto dan membaca konten blog ini

    BalasHapus
  13. Wah skrg sagoo ada di bekasi yaa... Aku dl sering ke sagoo di jl riau bdg. Nuansa jadoelnya kerasa pisan

    BalasHapus
  14. permen karetnya kok gambar minion? zaman dulu apa ya gambarnya, ada kartun juga sih tapi bukan dari film

    BalasHapus
  15. Ish..cakeeep... Hasrat poto-memoto pasti muncul deh di sana..haha.. Dan tampilan makanan minumannya menggugah selera ya..

    BalasHapus
  16. Uniknya konsep restorannya bener2 menerapkan konsep tempo doeloe, printilan yg dijual juga unik banget, minyak kayu putih banyak dijual di medan loh mba:)

    BalasHapus
  17. Waah jadul banget ya. Tapi agak klasik2 gitu ya mba. Seneng deh jadi berasa nostalgia. Jajanannya itu loh jaman sama kecil banget. Minyak kayu putih cap ayam juga saya pakai dikasih tau sama mertua yg lama tinggal di Medan. Akhirnya anak 2 pakai itu sampai sekarang.

    BalasHapus
  18. Ya ampun ini masa lalu banget yang dikemas kembali mbak. Makanannya, aneka jajanan sampai minyak kayu putihnya hehe. Tempatnya juga apik banget kayak rumah jaman dulu.

    BalasHapus
  19. Kalo aku milih resto berdasarkan apa menunya Mba. Soalnya milih-milih makanan akunya, wekeke. Tapi resto ini menarik juga nih menu-menunya. Pengin nyobain juga. Aku sampe gugling kalo di Jakarta dimana :D

    BalasHapus
  20. Nah kan saya salah buka artikel ini dini hari
    Perut jadi keroncongan lihat menunya yang segar segar apalagi dini hari begini, Surabaya tetap panas.

    BalasHapus
  21. Kembali ke masa lalu dimana kita saling berbagi cerita dengan ayah bunda sekarang sudah menikah berbagi cerita nih makanan tempo dulu waktu bunda masih kecil

    BalasHapus
  22. Aku kok gak ngeh ya sama Sagoo kithen ini padhaal baru ke Summarecon kemarin :) wah ada produk-produk jadul juga ya. Aku inget tuh minyak orang aring :)
    Duh gara-gara Mira nih, aku jadi pingin ke sana skr, hayo loh tanggung jawab

    BalasHapus
  23. Zadulnyaaa...
    Aku kangen.

    Dan iya doonk...ibukku dulu rajin banget ngasih rambut pake minyak orang-aring.
    Hasilnya memang kece banget..
    Rambut hitam berkilau.

    BalasHapus
  24. Keren banget ini bisa mengumpulkan segini banyaknya jajanan jadul awahahha
    tempatnya keren mba, makananya enak-enak ngiler banget aku
    kapan-kapan semoga bisa main ke sini

    BalasHapus
  25. Duh yah lihatin banyak makanan di meja makan membuat cacing dalam peeutku protes mak

    BalasHapus
  26. Dekorasi Sagoo Kitchen memang cantik banget. Kebanyang rumah-rumah zaman dulu. Piring buat plating-nya juga cantik.

    BalasHapus
  27. aku pernah makan di Sagoo ini mbak...
    dan ternyata enaaakk,.... harganya juga gak terlalu mahal, bisa lah dijangkau oleh #sobatmisqueen dengan diiringi puasa senin-kamis #eh :D

    BalasHapus
  28. Ya Allah itu minyak cem ceman yaa inget banget dulu sama almarhum Mama selaku dipakein ini biar rambutnya lebat hehe.

    BalasHapus
  29. Oh my God... All those old-time memories for the food and the drinks. I like all the vintage setting up displays and I bet the food is good

    BalasHapus
  30. Suasananya vintage banget yaaa.. huhuuyyy itu ada lemonage khas jadul. Jadi pengin ikutan icip juga nih Chi ;)

    BalasHapus
  31. Restoran dengan banyak sajian toempoe doeloe ya mbak.. menu makanananya khas nusantara.. dan yang buat aku kagum dan pengen juga mampir ke sagoo adalah minyak orang aringnya itu.. waktu aku kecil inget banget mama aku pakaikan itu ke rambut aku hehe.. beneran bikin memori aku tentang masa kecil mucul lagi nih mbak

    BalasHapus
  32. Waw,, nggak cuma interiornya, tapi ada minuman dan printilan produk tempoe doeloe yang disediakan di resto. Keren!

    BalasHapus
  33. Saya tertarik masuk restoran atau cafe untuk pertama sekali karena: Rame, trus penasaran ada apa di sana? atau rekomendasi teman, salah satu menunya jadi jawara di sana.

    Sago kitchen ini, baca judulnya ngebayangin es sago yg pake kelapa yang enak banget dimakan campur meilo dan nangka. eh setelah baca isinya, enggak ternyata. Serasa balik ke zaman dulu deh ini melihat jajanan2nanya. hahaha

    BalasHapus
  34. Ya ampun Mbak ini aku kalau ikutan masuk resto ini bakal jejeritan kalau nemu setiap barang yang emang jadi ciri masa kecil dulu haha.

    BalasHapus
  35. Itu ada minyak rambut orang aring yang warna ijo, dulu waktu kecil pasti diminyaki pake itu sama ibu. Terus benda-benda yang lain, aah penasaran saya pingin kesana tapi jauhhh

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)

Saat ini blog Jalan-Jalan KeNai sedang diperbaiki tampilannya. Mohon maaf bila terlihat kurang nyaman selama masa perbaikan.