Sepiring Nasi Goreng Rawon di Pause, Rawamangun

Sepiring Nasi Goreng Rawon di Pause, Rawamangun - Menuntaskan cerita tahun 2016 dulu, ah. Sebelum melanjutkan cerita-cerita terbaru hehehe. Kali ini, review resto namanya Pause dan sepiring nasi goreng rawon.

Sepiring Nasi Goreng Rawon di Pause Rawamangun

 Kalau menurut KBBI, pause berarti istirahat, jeda. Tetapi, saya rasa resto ini dinamakan pause bukan karena seperti itu artinya. Melainkan karena lokasinya di Jl. Paus, Rawamangun, Jakarta Timur. Resto ini juga belum jeda/istirahat. Masih ada sampai sekarang. Kadang-kadang terlihat cukup ramai kalau dilihat dari parkirannya.


Suasana Homey di Pause


Suasana Homey di Pause

Kalau dari luar, restonya kelihatan biasa aja. Hanya seperti bangunan ruko pada umumnya. Hanya agak mencolok dengan warna merah dan hijaunya. Tetapi, begitu masuk ke dalam, saya merasakan suasana homey. Gak berasa deh kebisingan dan teriknya Rawamangun di siang hari.

pause rawamangun

Gak besar juga restonya, Tetapi, bikin saya ingin memotret di setiap sudutnya. Beberapa dinding dihiasi piring keramik. Ada juga tulisan-tulisan yang lucu di papan kayu. Kursi-kursi yang mengingatkan ke rumah zaman dulu. Memang bikin betah suasananya.

smooking room pause rawamangun

Pause memiliki 2 pilihan ruangan, indoor dan outdoor. Area outdoor ada di depan dan belakang resto. Buat yang merokok, silakan pilih area outdoor.

[Silakan baca: Kedai Locale dengan Banyak Pilihan Menu Lokal]


Nasi Goreng Rawon


Kebanyakan menu yang ditawarkan di Pause ada hidangan tradisional Indonesia. Hidangan barat juga ada, tetapi gak banyak. Uniknya di sini ada menu percampuran antara barat dan tradisional yaitu Spaghetti Rawon, Tenderloin Steak Sambal Matah, dan Sandwich Oncom.

sop iga bakar pause rawamangun
Sop Iga Bakar, IDR89K


Kami gak memilih menu-menu unik itu. Pilih menu tradisional aja. Suami pilih Nasi Goreng Rawon, sedangkan saya memilih Soup Iga Bakar. Keke dan Nai pilih apa? Mereka gak pada ikut. Lagi jalan-jalan sama kakek dan neneknya. Jadi kami dikasih kesempatan buat pacaran 😄.

[Silakan baca: Shabu Tako - Warung Shabu-Shabu Murmer di Rawamangun]


nasi goreng rawon pause rawamangun
Nasi Goreng Rawon, IDR59K


Nasi Goreng Rawon buat kami juga udah termasuk unik. Biasanya kan kalau makan rawon itu pakai nasi putih. Nah ini nasi digoreng dengan bumbu rawon. Jadi tanpa kuah. Kalau lauknya sih sama lah kayak rawon. Ada suwiran daging dan telur asin.

Menurut Wikipedia, Rawon adalah masakan Indonesia berupa sup daging berkuah hitam sebagai campuran bumbu khas yang menggunakan kluwek. Rawon, meskipun dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur, dikenal pula oleh masyarakat Jawa Tengah sebelah timur (daerah Surakarta). 

lumpia sayur pause rawamangun
Lumpia Sayuran, IDR27K


Camilannya kami pesan Lumpia Sayuran. Isiannya gak hanya sayur. Ada potongan ayam juga di dalamnya. Cukup pesan 1 porsi camilan aja lah kalau untuk makan berdua. Biar gak kekenyangan.

[Silakan baca: Hiroya Japanese Restaurant - Ada Karena Rindu Masakan Ibu]


aneka minuman di pause rawamangun
coffee shop pause rawamangun
Americano, IDR25K


Minuman di Pause juga ada banyak pilihan. Sahabat KeNai penggemar minuman tradisional seperti Wedang Jahe dan Wedang Uwuh, di sini ada. Tetapi, saya lupa nama minuman pesanan kami, kecuali secangkir Americano.

restoran pause rawamangun

Pause juga termasuk coffee shop. Ada berbagai pilihan minuman kopi di sini. Kalau Sahabat KeNai sekadar ingin ngopi sambil cemal-cemil, di sini juga bisa jadi pilihan.

Di Rawamangun, banyak kuliner kaki lima hingga resto yang enak. Pause ini salah satunya. Semua makanan yang kami pesan rasanya enak. Gak ada yang mengecewakan. Suasananya nyaman dan pelayanannya juga ok. Puas lah kesimpulannya makan di sini. Harus mengulang lagi. Saya juga lagi kangen sama Nasi Goreng Rawon di Pause. Mengadakan acara halal bi halal, kumpul keluarga, arisan, dan lain sebagainya juga asik di sini.

[Silakan baca: 5 Kuliner Nusantara di Rawamangun]


Pause


Jl. Paus No.91 Rawamangun
Jakarta Timur

Telpon: 0881-8191-890

Open Hours: 09.00 s/d 23.00 wib

pause.id

*Permanently closed


Post a Comment

14 Comments

  1. aaa cakep banget ya suasanya. apa lg kalo makananng tastie, uda pasti bakalan nagih dan pengen balik 🙈

    ReplyDelete
  2. jdi pengen makan nasi goreng nih liat ini haha.. apalagi rawon itu aku suka banget. Untung udah mau buka puasa pas komen hehehe

    ReplyDelete
  3. Sebagai penggemar Rawon, membaca tulisan ini awalnya saya berpikir akan ada kuah rawon berdampingan dengan nasi goreng. Ternyata dugaan saya salah. Fixed, mau cobain Rawon dengan menu unik di PAUSE

    ReplyDelete
  4. Tempatnnya nyaman, ada indoor dan ouutdoor asik buuat nongkrong dan makan mmakan dengan temen temen

    ReplyDelete
  5. duuuuh salah diriku buka postingan ini gini hari..

    ReplyDelete
  6. Kawaaan yang paling jarang saya kunjungi nih. Tapibsaya coba catat ya, kali aja ada kesempatan untuk mampir ke sana. Penasaran banget sama Tenderloin Sambal Matah, kayak apa ya rasanya?

    ReplyDelete
  7. Kalo menurutku filosofi namanya seperti ini:
    Lokasinya ada di Jl. Paus. "Paus" diplesetkan menjadi "Pause". Maksudnya agar restoran ini menjadi tempat rehat para pengunjung untuk jeda dari rutinitas sehari-hari. Bisa jadi kan? Hehe.

    Salut masih semangat nulis cerita tahun 2016. Aku kalo udah lewat setahun udah males nulis karena lupaaa hahaha. Padahal belum nulis cerita jalan-jalan di Kudus nih :(

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)