Bagi banyak orang, bakso itu tidak ada matinya. Sepertinya hampir semua orang suka bakso. Mau cuaca panas atau dingin, makan bakso tetap enak. Malah tukang bakso gerobakan udah mangkal aja di depan rumah saya saat lebaran hari pertama 😂.

Tapi, gak semua bakso rasanya enak. Ada yang kuahnya anyep. Ada juga yang rasa atau tekstur baksonya kurang pas.

bakso kemon rawamangun

Yuk, Kita ke Bakso Kemon!


Kali ini, suami mengajak saya makan di Bakso Kemon. Katanya, dia pernah ngebakso di sana dan rasanya enak. Makanya pengen ngajak saya yang memang suka ngebakso. Anak-anak gak ikut. Mereka lagi mager banget. Orang tuanya dibolehin malam mingguan berdua aja 😄.


Suasana di Bakso Kemon


suasana di bakso kemon
#YouSingYouLoose 😜

Membaca nama Kemon langsung mengingatkan saya dengan serial anak kesayangan di masa kecil. Apalagi kalau buka Si Unyil hehehe.

Lumayan ramai saat kami ke sana. Mungkin karena malam minggu. Tempatnya gak terlalu luas. Malah kayaknya luasan lapangan parkirnya. Atau kurang lebih sama lah luasnya.

Tidak ada ruang ber-AC di sini. Gak masalah buat saya, selama tempatnya memang bersih. Pramusajinya pun sigap dan ramah.



Ada Bakso Sum-Sum di Sini


bakso kelana, bakso tulang sum sum, bakso kemon ada tulang sum-sumnya
Bakso Kelana, IDR45K

Suami memilih Bakso Kelana. Sebetulnya saya juga pengen menu yang sama dengan pilihan suami. Pengen nyeruput sum-sumnya. Tetapi, penasaran juga sama menu lain.Apalagi baru pertama kali makan di sana.

Ada berbagai pilihan menu bakso di sini. Harganya bervariasi dari mulai IDR15K s/d IDR45K. Semua menu bakso namanya berawalan K singkatan dari Kemon. Misalnya Bakso Kemat (Kemon Hemat), Bakso Kelor (Kemon Telor), Bakso Kelana (Kemon Ada Tulang Sum-Sumnya), dan lain sebagainya.

Bakso Kelana rasanya enak. Dikasih potongan jeruk nipis bila ingin rasa kuahnya lebih segar. Tetapi, gak dikasih pun tetap enak. Walaupun ada sum-sum, kuahnya gak terlalu berminyak.

Uniknya lagi di sini, Sahabat KeNai bisa mengganti kuah baksonya dengan kuah soto atau kuah gulai. Cukup menambah IDR4K per porsi bila ingin ganti kuah. Saya gak tau bagaimana rasanya. Tetapi, jadi langsung ingat sama teman kerja dulu. Setiap kali kami makan di kantin karyawan, dia selalu minta pakai kuah soto kalau beli bakso. Kebetulan memang tukang bakso dan sotonya sama.

mie yamin ayam bakso pangsit, mie yamin ayam bakso kemon
Mie Ayam Yamin Bakso Pangsit, IDR33K

Saya memilih Mie Ayam Yamin. Untuk mie ayam ada yang biasa, ada juga yang yamin. Bisa juga ditambahkan bakso, pangsit, atau keduanya. Mie-nya juga bisa memilih, Mau mie kuning atau mie hitam. Saya pilih mie hitam karena belum pernah makan mie ini.


Tekstur mie-nya cukup kenyal. Bentuknya pipih dan agak lebar. Tetapi, gak selebar kwetiau. Rasanya pun enak. Saya cukup menambah sambal cabe aja udah enak. Gak usah dikasih saos sambal lagi. Sayangnya saya lupa menanyakan warna hitamnya menggunakan tinta cumi atau charcoal.

es jeruk kelapa, es cincau hijau
Es Jeruk Kelapa, IDR15K
Es Cincau, IDR15K

Yang saya suka lagi di sini, ada cincau hijau. Saya suka banget minuman ini. Sayangnya udah jarang yang jual. Makanya begitu di Bakso Kemon ada, saya langsung pilih. Padahal biasanya kalau lagi ngebakso, saya sukanya minum es kelapa atau es teh manis.


Untuk harga bakso dan mie ayamnya memang agak tinggi. Ya, mungkin karena menu bakso yang suami pilih ada sum-sumnya. Tapi, menurut kami sepadan karena puas dengan rasanya. Kalau Sahabat KeNai lagingak pengen nge-bakso, di sini juga ada nasi goreng, somay, dan batagor.

Bakso Kemon ini ada di beberapa tempat. Coba Sahabat KeNai cek IGnya juga.

Yuk, kita kemon!

Bakso Kemon Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

Bakso Kemon Rawamangun


Jl. Waru No. 29A
RT 05 / RW 07 Rawamangun
Jakarta 13220

www.baksokemon.com

IG: @baksokemon