Jalan-Jalan KeNai

Blog family traveling tentang adventure, kuliner, hotel, dan tips perjalanan

5 Aktivitas Seru Bersama Anak Saat Camping

Berkemah atau camping seharusnya menjadi pengalaman yang menyenangkan. Tetapi, mengajak anak-anak camping bisa memiliki tantangan sendiri. Apalagi anak-anak generasi milenial ini lebih akrab dengan dunia digital. Padahal, saat berkemah belum tentu ada koneksi internet.

5 aktivitas seru bersama anak saat camping

5 Aktivitas Seru Bersama Anak Saat Camping


Makanya, kita perlu membuat aktivitas seru bersama anak saat camping agar mereka lupa dengan gadgetnya untuk beberapa saat. Apa aja aktivitas serunya?

Berbagai Aktivitas Saat Camping Bersama Anak


Trekking

trekking bersama anak
mendaki gunung prau, camping di gunung prau bersama anak

Trekking bisa menjadi pengalaman seru dan menarik bagi anak-anak. Mereka bisa melihat sesuatu yang baru. Apalagi kalau sehari-harinya tinggal di kota besar. Melihat pemandangan yang hijau dan menghirup udara segar bisa jadi menyenangkan.

Trekking juga bisa melelahkan bagi anak-anak yang terbiasa mager. Makanya, kami sudah membiasakan anak-anak untuk tetap rutin berolahraga meskipun cuma sebentar. Jadi, ketika diajak trekking, tubuh mereka gak kaget.

[Silakan baca: Persiapan Pendakian Gunung Prau Bersama Anak]

Membuat Api Unggun dan Bakar Marshmallow

camping melrimba

Sebetulnya, kami agak jarang membuat api unggun sendiri. Seingat saya baru dua kali yaitu di Melrimba Garden dan Grafika Cikole. Kalau di Tanakita, api unggun sudah disediakan oleh kru.

[Silakan baca: Melrimba Garden - Camping di Antara Hamparan Bunga]

Nah, yang sering itu bakar marshmallow. Nai seneng banget makan marshmallow yang sudah dibakar. Makanya tiap kali camping, marshmallow biasanya selalu dibawa.

mendaki gunung gede bersama anak, camping di gunung gede

Sebaiknya Sahabat KeNai cari tau dulu peraturan tentang membuat api unggun, ya. Setahu saya, gak semua gunung membolehkan membuat api unggun. Kalau memang gak boleh, ya patuhi.

[Silakan baca: Pengalaman Pertama Mengajak Anak Mendaki Gunung Gede via Gunung Putri]

Cara kami terhindar dari kedinginan dengan mengenakan pakaian hangat yang cukup. Minum-minuman hangat juga bisa membantu. Setelah masuk tenda, pakai sleeping bag, dan kruntelan deh sekeluarga.

Bermain Air di Sungai

bermain air di sungai
tanakita riverside

Ini yang biasanya paling menyenangkan bagi anak-anak. Mereka seneng banget main di sungai. Bisa betah berlama-lama main air di sungai, kalau perlu seharian. Kayak waktu kami menginap di Tanakita Riverside. Itu dari pagi sampai sore mainnya di air terus. Kalau Keke malah udah beberapa kali tubing. Naiknya kalau lapar aja.

[Silakan baca: Tanakita Riverside Bila Ingin Menikmati Sunyi]

Saya cukup jadi penikmat keceriaan anak-anak saat main di sungai aja. Gak kuat sama dinginnya air gunung hehehe.

Hunting Foto


Nai yang lagi suka motret, nih. Waktu kecil, dia suka bikin sketsa. Ke mana-mana bawa sketch book kemudian dia gambar pemandangan yang dilihat. Kalau sekarang lagi suka motret pemandangan. Makanya ke mana-mana bawa kamera.

Ngobrol di Tenda


Malam hari adalah waktunya istirahat. Tetapi, kadang-kadang kami belum mengantuk. Biasanya kami memilih mengobrol. Apa aja bisa jadi bahan obrolan. Ya begitulah asiknya camping. Waktu kami untuk mengobrol juga bisa lebih banyak daripada biasanya. Jadinya bisa lebih mengakrabkan ikatan hubungan dengan keluarga.

Perlunya Persiapan yang Matang


persiapan camping bersama anak

Berkemah memang seru. Tetapi, bila tidak terbiasa mungkin malah bisa jadi drama. Apalagi buat anak-anak. Kalau mereka udah rewel kan jadinya jalan-jalannya terganggu keasikannya.

goa jomblang

Kalau kami biasanya mengajak anak-anak diskusi dulu sebelum jalan-jalan. Apalagi kalau perginya ke tempat yang belum pernah mereka kunjungi. Seperti waktu jalan-jalan ke Goa Jomblang. Saya ajak mereka Googling seperti apa goa yang akan dikunjungi. Bakal seperti apa caving mereka nanti. Ternyata, mereka pun antusias.

[Silakan baca: Ray of Light Goa Jomblang yang Bikin Speechless]


Waktu mereka masih kecil, kami juga punya tenda anak. Ajak mereka mendirikan tenda di halaman, kemudian bermain pura-puranya lagi camping. Jadi kalau suatu saat diajak berkemah, mereka udah ada bayangan akan seperti apa rasanya menginap di tenda. 

Ya, seperti itulah cara kami mengenalkan aktivitas seru saat camping. Kalau sekarang sih udah gak perlu dikenalkan lagi. Mereka udah kesenengan duluan kalau diajakin camping.

45 komentar:

  1. Seru-seru kegiatannya.
    Bukan cuma buat anak-anak, buat yang remaja kayak saya juga seru tuh.

    BalasHapus
  2. Mbaaaaa ya ampyuun seruu buanget siik keluarga kamyuu
    Aku blm pernah camping yg the real camping gini ama anakku.
    Pernah sih nginep semalam d rumah pohon, tapi pingiin sesekali experience kayak gini

    BalasHapus
  3. Aku inget nih, bosnyaa aku selalu berpesan ke anaknya termasuk ke karyawannys juga nih, jangan cuma main hp mulu, sesekali olahraga buat merenggangkan otot,
    Kalah olahraganya dg camping, duuhh seru banget nih, Chi
    Betah dehh betahh,, aku aja juga suka kok hehehee

    BalasHapus
  4. dah lama pengen ajak boyz kemping beneran belun kesampean, yg ada malah glamping :D
    oia aku belum pernah nyoba marshmalow bakar. nanti mau nyoba ah sekalian nyate pas qurban hihihi

    BalasHapus
  5. Anak saya yang masih balita aja kalau tau emak bapaknya udah mulai bongkar-bongkar tenda, bersih2 matras dan carrier udah girang banget. Langsung tau kalau mau diajak camping. Aktvitas ini emang menyenangkan banget buat anak, meski seduahnya biasanya emak bapaknya yang gempor hihihi.

    BalasHapus
  6. Asyik banget ya bisa camping sama anak-anak bagus untuk quality time dan menguatkan bonding...

    BalasHapus
  7. Salah satu wishlist yang belum terpenuhi nih Mbak, kemping dengan bocah di alam bebas, semoga bisa terwujud hihi menyenangkan yaa

    BalasHapus
  8. Aku mbayangin besok bisa camping bareng sama Ray 😍. Rasanya baru kemarin baca story Keke sama Nai pas kecil, sekarang mereka udah bujang sm gadis euy

    BalasHapus
  9. Wah seru banget sih teh kemping keluarganya. Kemping dimana itu teh? Tempatnya enak ya. Jadi pengen kemping juga hahaha

    BalasHapus
  10. Camping dengan keluarga, dan membawa anak-anak itu memang seru. Tapi ya itu, perlu persiapan yang matang, terlebih ketika anak-anak tidak terbiasa di alam bebas.

    Huaah, aku udah lama banget enggak camping, terakhir tahun 2016, jadi pengen camping lagi.

    BalasHapus
  11. Seruuuu ya Mbak camping di alam bersama anak -anak. Saya malah belum pernah loh. Pengin sih kapan kapan ajak anak anak kemping kemanaa gituu..

    BalasHapus
  12. Jadi ingat pengalaman camping pertama waktu kelas satu SMP
    Aku sangat kegirangan ketika izin orang tua kudapatkan
    Bahkan sambil menuliskan di sini, tak kusadari aku senyum-senyum sendiri
    Jadi bisa membayangkan nih sukacita buah hati Chi saat camping.

    BalasHapus
  13. Serunya.. Anak-anak pasti suka banget diajak camping, jadi kepengen ngajak anak dirumah jg nih

    BalasHapus
  14. Seruu,mamak keren. Biasanya sih kalo anak2 udah gede, mama sama anak2 jalannya masing2. Senang banget punya aktivitas yg bisa bareng keluarga, yg bisa menjadi kedekatan satu sama lain.
    Btw, foto di gua itu waw sekali.

    BalasHapus
  15. aku belum prnah ajak anak cemping bnearan di luar, palingan di hlaman rumah aja, begitu panas dan gerah, masuk rumah lagi, hahaha

    BalasHapus
  16. Jam terbang Camping-nya udah tinggi banget ya MakChiii, aku sekalipun belum pernah dan semakin lihat foto orang Camping, semakin mau jajal diri sendiri untuk berpetualang juga. Persiapannya harus sematang mungkin ya apalagi untuk yang Pemula seperti aku ini. Sejauh ini pengalamanku baru sekedar nginep di Villa dan bikin api unggun, haha

    BalasHapus
  17. Wah seru ya mba.. saya dari duku nih kepengen bawa anak camping belum kesampaian aja.. baca ini makin kepengen.hehe

    BalasHapus
  18. Bulan ini tuh ada tawaran playdate camping
    Sayangnya kehamilan saya sudah masuk 8 bulan
    Jadi suami nggak ijinin
    Andai iya, aku pasti terapkan aktivitas di atas

    BalasHapus
  19. Duh, impianku untuk bisa kemping sekeluarga sama anak, masih cuma wacana. Belom kesampaian aja. Abisnya tiap mau pergi, eh pasti deh bocah2 kena gangguan. Flu lah, batuk lah, dll. Kangen masa-masa kuliah lapangan dulu kalo lihat kemping2 kayak gitu

    BalasHapus
  20. Air sungai jernih banget.., seru bisa main di sungai ..dangkal yang jernih .., bisa futu2 cakep juga diaungai..

    BalasHapus
  21. Halo mbak Myra apa kabar? Wah, aku selalu terkesan nih sama cerita camping ala mbak sekeluarga. AKu ini belom pernah lho camping bareng anak2ku hihihi. Sekarang emang banyak camping yang enak ala hotel ya. Main2 air, foto2 pemandangan, makan paling seru kalau masak sendiri dengan alat ala kadarnya lucu kali ya. Ini masih kudu pakai garam ga di sekeliling tenda biar menghindari ular dll?

    BalasHapus
  22. Wow keren nih aktivitas kempingnya. Aku blm pernah kemping sekeluarga. Suamiku ga mau deh kayaknya.

    BalasHapus
  23. Seru mbaa..seseru cerita bersambung yang di FB, aku pembaca setia loh hehe.. jadi pengen ajak abang buat camping pasti jadi pengalaman baru buat dia

    BalasHapus
  24. Aku itu pengen ke tanakita belum jadi -jadi hikz
    Pdhl di sna enk kan kalau buat kemping. Medannya masih kebayang

    BalasHapus
  25. wah asyik ya camping bareng anak2, aku belum pernah

    BalasHapus
  26. Huwaaahh. Ini impian saya dari Kia masih di perut, mbak 😄. Semoga kesampaian kayak gini hihihi

    BalasHapus
  27. ini yg blm prh aku ajarin ke anak2, campping :D... udh kepikiran sih mau ajak mereka ke tanakita, tp ga jadi2... kepikirannya cuma ama si adek yg memang rada manja dibanding kakanya ;p.. sbnrnya itu jd alasan kuat utk ngebiasain mereka ama camping biar ga manja trus2an hihihihi... slama ini kan kalo staycation ato liburan slalu hotel.. biar tau jg rasanya tidur ditenda :)

    BalasHapus
  28. Senang ya bisa memperkenalkan alam sejak dini ke anak2.. Di kelg kami baru sekali camping bareng, gara2 anak2 penasaran dengar cerita nostalgia kami saat camping Pramuka. Dan terbyata anak2 sukaa..aktivitas camping waktu itu..

    BalasHapus
  29. Seru banget aktivitas kempingnya, ngobrol di tenda bisa jadi salah satu quality time sama keluarga tanpa gangguan gadget.

    BalasHapus
  30. Selain menyuguhkan pemandangan indah, trekking juga mengajak anak mengenal alam dan sebagai sarana berlatih anak untuk bisa survive dalam berbagai kondisi. Jadi, amit-amit in case mereka terjebak dalam situasi berjalan jauh atau di hutan, mereka nggak terlalu takut lagi.

    Btw yang di foto sungai, itu ada satu anak cewek siapa ya? Agak serem dia berdiri lurus di tengah sungai pake baju putih panjang :((

    BalasHapus
  31. Seru banget ini liburan dengan camping. Sensasi menginap di tenda ini yang nggak akan terlupakan buat anak-anak. Jadi kangen pengen camping nih, Mak.

    BalasHapus
  32. Seru banget ya acara kempingnya, Mbak. Bisa eksplore banyak hal. Bagian paling saya suka adalah ketika di sungai. Bermain air kayaknya seger ya, tapi perlu pengawasan ekstra nih, apalagi kalau anak masih kecil. Aktivitas kayak kemping ini bagus untuk mengalihkan Kegiatan anak yang berkutat dengan gawainya

    BalasHapus
  33. Sayangnya keluarga saya tidak terlalu suka naik gunung. Padahal sebetulnya asyik dan seru ya...

    Btw dengan udara gunung yg super dingin masih betah saja main di air? Wow hebat Keke..

    BalasHapus
  34. Ah iya, semua anak suka main air. Tapi kalau disuruh trekking, banyak yang gampang capek. Itu agak susah. Tapi perlu juga sih, mengajak anak-anak jalan ke alam begini. Biar paru-parunya menghirup udara segar tanpa polusi.

    BalasHapus
  35. wah emang seru banget kemping begini. anakku belum pernah kuajak kemping karena memang butuh persiapan yang lebih matang dibanding traveling biasa ya..

    BalasHapus
  36. Keren banget anak-anak mbak Myra...mau traveling ke alam bebas. btw ROL goa Jombang keren banget

    BalasHapus
  37. Nai sketsanya bagus banget.
    Emang camping itu seru dan menyenangkan, asal matang di persiapan dan fisik strong. Aku pun suka camping. Bagian leyeh-leyeh dan becandaan sama teman-teman ini yang paling dikangenin.

    BalasHapus
  38. Ngajarin anak camping tuh, ilmu dan pengalamannya bakal terus diingat sampai mereka besar, saya yakin itu. Selain bisa jadi sarana pendidikan, bisa juga seebagai saran untuk semakin dekat dengan Tuhan, salah satunya mensyukuri alam yang ada. Ikutan happy lihat foto-fotonya :)

    BalasHapus
  39. Kalau sepatu, buat si kecil mending yang gimana ya? Apa cukup pake sepatu kets buat treking atau beliin sendal gunung aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau suami saya tetap mengharuskan pakai sepatu karena dinilai lebih aman dan nyaman. Sandal gunung dipakai buat jalan-jalan di sekitar tenda aja.

      Hapus
  40. Wahh seru bangettt .. tp emang sih ya, kl ada api unggun enaknya bakar marshmellow hehehe.
    Anyway ... tetep bawa laptop, yaaaa? :D

    BalasHapus
  41. Wah seru yaa kak bisa camping sama keluarga terutama anak-anak. Jadi udah dikenalkan dengan alam dari kecil yah anak-anaknyaa dan banyak aktivitas yang bisa dilakukan saat camping hehe

    BalasHapus
  42. Dulu aku suka banget camping diajakin orangtua. Eh sekarang jadi beneran sering camping dan ngebolang ke mana-mana. Camping sekeluarga tuh seru ya kak.

    BalasHapus
  43. Anak saya sudah nggak mau lagi diajak trekking. Capek katanya huhu. Padahal seru. Masalahnya dia nggak ada kawan main kalau sama kami udah nggak bakal nyambung deh.

    BalasHapus
  44. Wih Saya ga bisa tuh bikin api unggun sendiri. Biasanya dibikini orang hahaa. Ribet bikinnya. Satu kegiatan favorite adalah main air hahaah

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)

Saat ini blog Jalan-Jalan KeNai sedang diperbaiki tampilannya. Mohon maaf bila terlihat kurang nyaman selama masa perbaikan.