Berkemah atau camping seharusnya menjadi pengalaman yang menyenangkan. Tetapi, mengajak anak-anak camping bisa memiliki tantangan sendiri. Apalagi anak-anak generasi milenial ini lebih akrab dengan dunia digital. Padahal, saat berkemah belum tentu ada koneksi internet.

5 aktivitas seru bersama anak saat camping

5 Aktivitas Seru Bersama Anak Saat Camping

 
Makanya, kita perlu membuat aktivitas seru bersama anak saat camping agar mereka lupa dengan gadgetnya untuk beberapa saat. Apa aja aktivitas serunya?


Berbagai Aktivitas Saat Camping Bersama Anak


Trekking

trekking bersama anak
mendaki gunung prau, camping di gunung prau bersama anak

Trekking bisa menjadi pengalaman seru dan menarik bagi anak-anak. Mereka bisa melihat sesuatu yang baru. Apalagi kalau sehari-harinya tinggal di kota besar. Melihat pemandangan yang hijau dan menghirup udara segar bisa jadi menyenangkan.

Trekking juga bisa melelahkan bagi anak-anak yang terbiasa mager. Makanya, kami sudah membiasakan anak-anak untuk tetap rutin berolahraga meskipun cuma sebentar. Jadi, ketika diajak trekking, tubuh mereka gak kaget.

[Silakan baca: Persiapan Pendakian Gunung Prau Bersama Anak]


Membuat Api Unggun dan Bakar Marshmallow

camping melrimba

Sebetulnya, kami agak jarang membuat api unggun sendiri. Seingat saya baru dua kali yaitu di Melrimba Garden dan Grafika Cikole. Kalau di Tanakita, api unggun sudah disediakan oleh kru.

[Silakan baca: Melrimba Garden - Camping di Antara Hamparan Bunga]

Nah, yang sering itu bakar marshmallow. Nai seneng banget makan marshmallow yang sudah dibakar. Makanya tiap kali camping, marshmallow biasanya selalu dibawa.


mendaki gunung gede bersama anak, camping di gunung gede

Sebaiknya Sahabat KeNai cari tau dulu peraturan tentang membuat api unggun, ya. Setahu saya, gak semua gunung membolehkan membuat api unggun. Kalau memang gak boleh, ya patuhi.

[Silakan baca: Pengalaman Pertama Mengajak Anak Mendaki Gunung Gede via Gunung Putri]

Cara kami terhindar dari kedinginan dengan mengenakan pakaian hangat yang cukup. Minum-minuman hangat juga bisa membantu. Setelah masuk tenda, pakai sleeping bag, dan kruntelan deh sekeluarga.


Bermain Air di Sungai

bermain air di sungai
tanakita riverside

Ini yang biasanya paling menyenangkan bagi anak-anak. Mereka seneng banget main di sungai. Bisa betah berlama-lama main air di sungai, kalau perlu seharian. Kayak waktu kami menginap di Tanakita Riverside. Itu dari pagi sampai sore mainnya di air terus. Kalau Keke malah udah beberapa kali tubing. Naiknya kalau lapar aja.

[Silakan baca: Tanakita Riverside Bila Ingin Menikmati Sunyi]

Saya cukup jadi penikmat keceriaan anak-anak saat main di sungai aja. Gak kuat sama dinginnya air gunung hehehe.


Hunting Foto


Nai yang lagi suka motret, nih. Waktu kecil, dia suka bikin sketsa. Ke mana-mana bawa sketch book kemudian dia gambar pemandangan yang dilihat. Kalau sekarang lagi suka motret pemandangan. Makanya ke mana-mana bawa kamera.


Ngobrol di Tenda


Malam hari adalah waktunya istirahat. Tetapi, kadang-kadang kami belum mengantuk. Biasanya kami memilih mengobrol. Apa aja bisa jadi bahan obrolan. Ya begitulah asiknya camping. Waktu kami untuk mengobrol juga bisa lebih banyak daripada biasanya. Jadinya bisa lebih mengakrabkan ikatan hubungan dengan keluarga.


Perlunya Persiapan yang Matang


persiapan camping bersama anak

Berkemah memang seru. Tetapi, bila tidak terbiasa mungkin malah bisa jadi drama. Apalagi buat anak-anak. Kalau mereka udah rewel kan jadinya jalan-jalannya terganggu keasikannya.

goa jomblang

Kalau kami biasanya mengajak anak-anak diskusi dulu sebelum jalan-jalan. Apalagi kalau perginya ke tempat yang belum pernah mereka kunjungi. Seperti waktu jalan-jalan ke Goa Jomblang. Saya ajak mereka Googling seperti apa goa yang akan dikunjungi. Bakal seperti apa caving mereka nanti. Ternyata, mereka pun antusias.

[Silakan baca: Ray of Light Goa Jomblang yang Bikin Speechless]



Waktu mereka masih kecil, kami juga punya tenda anak. Ajak mereka mendirikan tenda di halaman, kemudian bermain pura-puranya lagi camping. Jadi kalau suatu saat diajak berkemah, mereka udah ada bayangan akan seperti apa rasanya menginap di tenda. 

Ya, seperti itulah cara kami mengenalkan aktivitas seru saat camping. Kalau sekarang sih udah gak perlu dikenalkan lagi. Mereka udah kesenengan duluan kalau diajakin camping.