Bakoel Desa, Pluit - Menu Makan Tengah Hingga Warteg Kekinian - Penikahan sepupu saya yang diadakan di Indonesia dan Malaysia, alhamdulillah berjalan lancar.  Tidak lama setelahnya, tante saya sekeluarga datang ke rumah orang tua saya untuk mengucapkan terima kasih atas segala bantuan yang diberikan.

bakoel desa pluit, lokasi bakoel desa

Kemudian papah mengajak kami semua makan siang di Bakoel Desa, Pluit. Lumayan jauh dari rumah. Tetapi, kantor papah di daerah sana. Jadi cuku mengenal baik area sana.

Papah sempat menawarkan mau ke Pandan Bistro atau Bakoel Desa. Karena hampir semuanya udah pernah makan di Pandan Bistro, jadi memilih Bakoel Desa. 

[Silakan baca: Drama Menuju Ngunduh Mantu di Malaysia]


Berbagai Menu Seafood dan Indonesia yang Menggugah Selera


makan siang di bakoel desa
cumi goreng cabe bakoel desa
Cumi Goreng Cabe Garam, IDR60K
Kalau yang tahu, lupa nama menunya 😁


Kami sudah sampai di sana sebelum jam makan siang. Masih agak sepi. Jadi leluasa untuk memilih parkir dan tempat duduk. Semakin siang, semakin ramai.


Ruangan di dalam terlihat lapang. Suasananya juga bersih. Saat kami ke sana, banyak yang datang bersama keluarga. Mungkin karena akhir pekan.

ayam goreng lengkuas bakoel desa
Ayam Goreng Lengkuas, IDR108K
nasi liwet bakoel desa
Bakoel Nasi Liwet, IDR55K


Kami pesan beberapa menu. Semua rasanya enak! Sampai ke sayurnya pun enak. Bumbunya berasa, gak ada yang hambar atau berlebihan. Jadi pengen pesan segala macam kalau perut masih kuat menampung. Sambalnya ada station sendiri. Sahabat KeNai bebas pilih apapun sambal yang diinginkan.

cumi goreng saus padang bakoel desa
Gurame Goreng Saus Mangga, IDR95K


Pramusajinya juga ramah-ramah. Makanan disajikan dengan cukup cepat. Rasanya gak ada yang perlu dikritik. Cuma sayang aja agak jauh dari rumah hehehe. 

[Silakan baca: Seafood City by Bandar Djakarta - Syukuran Ulang Tahun Mamah]


Ada Warteg Kekinian



Di Bakoel Desa, Sahabat KeNai bisa memilih mau makan tengah atau menu paketan. Saya menyebutnya warteg kekinian untuk menu paketan. Mengingat kami ke sana sekitar 1 tahun yang lalu, saya gak tau apakah warteg kekinian ini masih ada atau enggak.

[Silakan baca: Makan di Bakoel Ussy, Cukup 50 Ribu Udah Bisa Makan Enak dan Kenyang]


daun melinjo bunga pepaya bakoel desa
Daun Melinjo Bunga Pepaya, IDR38K
kangkung belacan bakoel desa
Kangkung Belacan, IDR30K


Konsepnya seperti warteg, tetapi tempatnya lebih bagus. Areanya tetap sama. Gak dibedakan antara yang memilih a la carte atau warter. Kami gak memilih menu di paketan. Makanya gak tau rasa makanannya.

kepiting saus padang bakoel desa
Kepiting Saus Padang, IDR39,5K


Menunya ada perbedaan. Begitupun dengan harganya. Lebih murah dan dijual paketan. Nasi + 2 sayur + 1 daging harganya IDR39K. Kalau sayurnya mau 3 macam jadi IDR45K. Tambah minum, paling habisnya sekitar IDR50K.


Cara Menuju Bakoel Desa


jus jambu, cara menuju bakoel desa
Jus Jambu, IDR23K
es teler bakoel desa, lokasi bakoel desa
Es Teler, IDR30K


Kami ke sana naik kendaraan pribadi. Lewat jalan tol dan keluar di gate Sunda Kelapa.

Saya kurang tahu bagaimana caranya menuju Bakoel Desa bila menggunakan transportasi umum. Saya udah googling, udah coba cek juga via Moovit maupun Trafi, tetapi masih belum terbayang. Sepertinya jauh dari halte TransJakarta maupun stasiun KRL.

Pastinya lokasi Bakoel Desa ada di sebelah Pandan Bistro. Deket banget dengan Pluit Village Mall. Sekitar 350 meter kalau dari mall. Ada Sahabat KeNai yang tau naik transportasi umum ke sini?


Bakoel Desa Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato


Bakoel Desa


Jl. Pluit Indah No.7
Pluit, Kec. Penjaringan, Kota
Jakarta Utara 14450


Phone: (021) 22671682

IG: @bakoeldesa

Open Hours: 11.00 s/d 22.00 wib