Bandung termasuk surganya kuliner. Setiap saat ada aja kuliner kekinian di kota kembang ini. Tetapi, rasanya gak komplit ya kalau gak menikmati masakan Sunda saat berada di sini.
 
Kalau Sahabat KeNai ingin mencari masakan Sunda dengan rasa yang otentik, salah satunya bisa datang ke rumah makan Cikawao. Resto ini sudah ada sejak tahun 1950-an. Kabarnya sudah generasi ketiga yang mengelola. Tetapi, rasanya tetap sama karena menggunakan resep turun-temurun.
 
rumah makan cikawao dengan rasa sunda asli

Rumah Makan Cikawao dengan Rasa Sunda Asli


 
Rumah makan Cikawao ini salah satu resto legendaris yang menawarkan berbagai masakan Sunda. Favorit orang tua saya kalau lagi di Bandung. Tetapi, saya malah baru sekali ke sana. Biasanya selalu nitip beliin, terutama gepuknya.

Kunjungan pertama saya ke sana pada bulan Juli 2019. Waktu itu, mamah ajak ke nyekar ke makam papah. Begitu sampai Bandung, mamah mengajak makan di Cikawao.
 

rumah makan sunda legendaris di bandung

Rumah makannya kecil dan terlihat sederhana. Hanya ada 3 deret meja besar. Jadi paling hanya menampung 30-40 orang. Ruangannya juga tanpa AC. 

Parkirannya juga gak luas. Mobil kami parkir di bengkel yang sedang tutup. Agak sedikit merepotkan karena saat itu hujan turun dengan deras. Sedangkan kami harus sedikit berjalan kaki ke resto.

Saat kami ke sana bertepatan dengan sedikit lewat dari makan siang. Masih ramai suasananya. Kami langsung dapat tempat duduk, tapi misah-misah. Gak lama kemudian, kami lihat ada sederet meja yang kosong. Kami pun segera pindah biar bisa barengan makannya.

rumah makan sunda enak di bandung

Selain makanan yang disediakan, Sahabat KeNai juga bisa menanyakan menu lain, misalnya sop buntut. Menu ini harus dipesan. Gak disajikan begitu aja. Untuk nasi, Sahabat KeNai bisa pilih mau nasi putih, merah, atau liwet.
 

wisata kuliner di bandung

Dari semua menu khas Sunda yang disajikan, saya paling suka dengan berbagai jeroannya. Enak banget! Tekstur gak keras. Rasanya gurih dengan sedikit manis. Pokoknya kalau makan di sini, saya selalu pilih jeroan. Terutama limpa dan babat hehehe.

Untuk harganya lumayan juga. Saya lupa pastinya berapa. Tetapi, kalau gak salah, suami membayar sekitar IDR500K untuk 8 orang. Tapi, memang puas banget sama rasa masakan di sini.

Rumah Makan Cikawao Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato


Rumah Makan Cikawao


Jl. Cikawao No.7
Bandung, Jawa Barat 40261

Phone: +62224238947

Open hours: 10.00 s/d 18.00 WIB