Rumah Makan Cikawao dengan Rasa Sunda Asli

Bandung termasuk surganya kuliner. Setiap saat ada aja kuliner kekinian di kota kembang ini. Tetapi, rasanya gak komplit ya kalau gak menikmati masakan Sunda saat berada di sini.
 
Kalau Sahabat KeNai ingin mencari masakan Sunda dengan rasa yang otentik, salah satunya bisa datang ke rumah makan Cikawao. Resto ini sudah ada sejak tahun 1950-an. Kabarnya sudah generasi ketiga yang mengelola. Tetapi, rasanya tetap sama karena menggunakan resep turun-temurun.
 
Rumah Makan Cikawao dengan Rasa Sunda Asli

Rumah makan Cikawao ini salah satu resto legendaris yang menawarkan berbagai masakan Sunda. Favorit orang tua saya kalau lagi di Bandung. Tetapi, saya malah baru sekali ke sana. Biasanya selalu nitip beliin, terutama gepuknya.

Kunjungan pertama saya ke sana pada bulan Juli 2019. Waktu itu, mamah ajak ke nyekar ke makam papah. Begitu sampai Bandung, mamah mengajak makan di Cikawao.
 
[Silakan baca: Kumpul Keluarga di Sedep Malem, Bandung]

Rumah makannya kecil dan terlihat sederhana. Hanya ada 3 deret meja besar. Jadi paling hanya menampung 30-40 orang. Ruangannya juga tanpa AC. 

Parkirannya juga gak luas. Mobil kami parkir di bengkel yang sedang tutup. Agak sedikit merepotkan karena saat itu hujan turun dengan deras. Sedangkan kami harus sedikit berjalan kaki ke resto.

Saat kami ke sana bertepatan dengan sedikit lewat dari makan siang. Masih ramai suasananya. Kami langsung dapat tempat duduk, tapi misah-misah. Gak lama kemudian, kami lihat ada sederet meja yang kosong. Kami pun segera pindah biar bisa barengan makannya.

rumah makan sunda enak di bandung

Selain makanan yang disediakan, Sahabat KeNai juga bisa menanyakan menu lain, misalnya sop buntut. Menu ini harus dipesan. Gak disajikan begitu aja. Untuk nasi, Sahabat KeNai bisa pilih mau nasi putih, merah, atau liwet.
 

wisata kuliner di bandung

Dari semua menu khas Sunda yang disajikan, saya paling suka dengan berbagai jeroannya. Enak banget! Tekstur gak keras. Rasanya gurih dengan sedikit manis. Pokoknya kalau makan di sini, saya selalu pilih jeroan. Terutama limpa dan babat hehehe.

Untuk harganya lumayan juga. Saya lupa pastinya berapa. Tetapi, kalau gak salah, suami membayar sekitar IDR500K untuk 8 orang. Tapi, memang puas banget sama rasa masakan di sini.


Rumah Makan Cikawao


Jl. Cikawao No.7
Bandung, Jawa Barat 40261

Phone: +62224238947

Open hours: 10.00 s/d 18.00 WIB

Post a Comment

44 Comments

  1. Kalo ke resto Sunda ya mba, sbnrnya yg paliiiiiing aku suka bangettt itu lalapan dan sambel :D. Udh ga tertarik menu lain sbnrnya :p. Menu kayak gepuk ato sip, malah jd pendamping hahahahah.

    Aku hrs coba makan di sini. Trakhir ke bdg nyobain makanan Sunda di warung Mak uneh ya kalo ga salah namanya. Sambelnya pedeees gilaaaak hahahahahha. Tapi suka banget. Tp kalo ke bdg lagi cobain yg blm prnh dicoba lah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lalapan dan sambel memang wajib ada, deh. Apalagi kalau sambalnya enak :D

      Delete
  2. Ya ampun.. Kangen Bandung makk. Aku sekali ke Bandung, dan alhamdulillah selalu dapet rumah makan khas Sunda yang enak enak banget. Juara sambel dan lalapannyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan pada cari lalapan dan sambal kalau ke rumah makan sunda hehe

      Delete
  3. Pepes ayam, pepes tahu, pepes usus ... belum pernah makan semuanya sewaktu ke Bandung dulu .... dulu sekali hehe. Setuju, Bandung memang surga kuliner ... itu yang bikin kangen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah harus cobain segala pepes kalau ke Bandung lagi ya, Mbak :)

      Delete
  4. Langsung fokus sama sepiring penuh dedaunan alias lalapannya. Belum tahu banyak tentang makanan sunda, tapi yang saya tahu ya teman-teman saya yang orang sunda tuh pada doyan lalapan.

    ReplyDelete
  5. Ya Allah.... aku ngiler beraaattt, trus nanya sodaraku di BDG, ternyata mereka blum pernah ke siniii
    pengiin deh, main ke BDG lagi dan kupineran sepuasnyaaaa

    ReplyDelete
  6. 500K untuk 8 orang terbilang wajar Mba. Apalagi kalau ambil menunya ada ikan, jeroan. Kapan-kapan makan di sini kalau ke Bandung.

    ReplyDelete
  7. Wah, udah lama juga ya rumah makan ini sejak tahun 1950. Kalau aku sih ga suka jeroan wkwkwkwk biasanya kalo kulineran di Bandung enaknya makan gepuk. 500K ber8 mah terjangkau dg kenikmatan kayak gini 😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gepuk di RM Cikawao juga enak banget. Iya, Mbak. Termasuk rumah makan legend ^_^

      Delete
  8. auto laper deh lihat menu makanan mak Chi, aku pun ya paling demen banget deh sama masakan sunda. Kadang suka kalap milihnya, mau ini dan itu. Terus yang bikin nikmat lagi tuh makannya pakai sambal.

    ReplyDelete
  9. Wah bisa pilih nasi merah ya..
    Nasi sehat ini, btw menu menunya sangat menggugah

    ReplyDelete
  10. Itu nasi merah, mba?
    Trus sistemnya seperti warteg yang diambilin atau seperti restoran padang yang lauknya diletakkan semua di meja?

    ReplyDelete
  11. Saya malah belum pernah nyobain mbak, kalau saya penasaran sama babat dan parunya... Kapan ya bisa makan nikmat di resto kaya gitu lagi...

    ReplyDelete
  12. aku ngiler banget nih sama masakan sunda, apalagii yg aku tau cuma rumah makan Ampera doang mba haha

    ReplyDelete
  13. Wah.. Keliatan enak mbaak. Kalo pandemi udah reda boleh nih makan sm keluarga kesini ya. Tp jauh nih dr rumah aku

    ReplyDelete
  14. Wah aku suka banget nih sup buntut, sebenarnya menu wajib kalo misal berkunjung ke rumah makan ada menu ini selalu pesan. Catet dulu deh lokasi rumah makan Cikawao di Bandung, mana tahu nanti kapan-kapan kesana ketika pandemi sudah out

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak-anak saya juga biasanya suka pesan sop buntut, Tetapi, kalau di rumah makan ini, mereka memilih gepuk

      Delete
  15. Wuih lengkap banget menunya. Sunda pisaaan. Aku aja yang di Bandung belom pernah nyicip makan di sini. Kalo lewat Cikawao cuma lewat aja. Aduh iya, aku juga ngiler tuh sama kalilipanya. Enaaak kayanya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rumah makan sunda legendaris dengan respe turun temurun :D

      Delete
  16. wah, biasanya resto yang tempatmya sederhana tapi rame ini, rasanya sih ga perlu diragukan lagiiii.. hehe. Makasi infonya ya maaak, nanti mau cobain mampir juga ah pas ke bandung

    ReplyDelete
  17. Jeroaan...
    hihii....aku awalnya gak suka lihat bentuknya, tapi pas dimakan, super duper enak yaa...
    Jadi abis aku sendiri.

    Mesti coba rumah makan Cikawao niih...

    ReplyDelete
  18. Aku kalau ke rumah makan sunda yang di Jogja menu yang dipilih selalu pepes dan nasi liwet..enak bikin makan jadi banyak..

    ReplyDelete
  19. Meski bukan orang Sunda saya suka makanan Sunda. Apalagi lalapan dan sambalnya enaak. Hehehe. Waah ini fotonya menggoda banget mbak Myra. Tapi lumayan juga ya harganya 500 ribu buat 8 orang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masakan Sunda harus dinikmati dengan lalapan dan sambal hehehe

      Delete
  20. Jadi kangen makanan khas usnda nih...yang simple tapi lezat hehe..Tempatnya gak terlalu luas ya..tapi jadi selalu ramai nih..

    ReplyDelete
  21. Wah keliatannya makanan enak2 ya jadi pengen mampir kesana klo pas liburan ke Bandung makasih loh ka infonya bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  22. Wah, makasih banyak rekomendasinya Teh.

    Boleh nih masuk daftar kunjung kalo ke Bandung. Apalagi kalo sama ortu, maunya makan makanan yang nggak terlalu kekinian.

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)