Asik! Video Mapping di Monas Ada Lagi Hingga Akhir Tahun 2019

Asik! Video Mapping di Monas Ada Lagi Hingga Akhir Tahun 2019 - Akhirnya libur panjang jugaaaaa! Ya, meskipun saya ibu rumah tangga, libur panjang termasuk yang paling ditunggu. Senang karena libur sejenak dari rutinitas menyetrika seragam sekolah hahahaha.

Video Mapping di Monas Ada Lagi Hingga Akhir Tahun 2019

Ada beberapa rencana untuk mengisi liburan bersama anak-anak. Mudah-mudahan aja semuanya berjalan lancar. Sebagai pembuka liburan sekolah, saya memulai dengan menonton video mapping di Monas.


Event Monas Week 2019 untuk Tahun Baru


acara tahun baru di monas

Video mapping pertama kali digelar di Monas tahun lalu dalam rangka menyambut Asian Games 2018. Seperti banyak masyarakat Jakarta dan sekitarnya yang antusias banget dengan mind mapping, kami pun datang ke Monas.

[Silakan baca: Video Mapping di Monas untuk Menyemarakkan Asian Games 2018]

Sayangnya di kedatangan pertama kami gagal karena gak dapat parkiran sama sekali. Selain banyak sekali masyarakat yang ingin menonton, juga karena berbarengan dengan upacara penurunan bendera HUT RI di Istana. Makanya parkiran sangat pun penuh, termasuk motor.

Besoknya, saya sempat galau untuk datang karena berbarengan dengan opening ceremony Asian Games 2018. Keduanya sama-sama tontonan yang menarik. Tetapi, akhirnya kami berdua memilih ke Monas. Gak menyangka juga masyarakat yang menonton masih membludak.

Tahun ini, video mapping digelar kembali. Saya sudah antusias sejak pameran hologram berlangsung. Selama tahun 2019 ada 3 rangkaian acara Monas Week yaitu Pameran Hologram (Juli), Festival of Light (Agustus), dan Video Mapping (Desember).

[Silakan baca: Monas Week 2019 Menggelar Sejarah Jakarta dalam Ilustrasi Hologram]

Kalau tahun lalu, saya sampai 2x balik karena ada sedikit drama. Tahun ini, saya diundang ke Gala Premiere. Bisa menjadi salah seorang masyarakat yang diundang untuk menyaksikan tayangan perdana video mapping 2019 sebelum dibuka untuk umum. Alhamdulillah.

Menurut M. Isa Sanuri, Kepala UPK Monas, tujuan diadakan video mapping adalah sebagai berikut


    • Pertunjukan edukasi yang dikemas dalam bentuk video mapping 
    • Memperkenalkan potensi pariwisata Monas sebagai salah satu ikon Indonesia yang patut dikunjungi 
    • Memperkuat hubungan sinergi dengan para pelaku bisnis usaha kreatif di tingkat nasional dan internasional 
    • Salah satu hiburan masyarakat untuk memeriahkan pesta akhir tahun 

      [Silakan baca: Gemerlap Cahaya di Festival of Light, Monas Week 2019]


      Jakarta yang Baru


      jakarta yang baru, video mapping pertunjukkan akhir tahun
      Patokannya gedung Pertamina (gedung di sebelah kiri Monas)


      Video mapping 2019 menceritakan tentang sejarah dan pembangunan Jakarta, kebudayaan Betawi, Monas, serta kehidupan warga Jakarta yang bahagia.

      Monas itu lumayan luas. Dan gak semua sisi Monas menayangkan video mapping. Tahun lalu, kami sempat salah posisi. Untung segera nyadar. Kalau enggak bisa sampai 3x kali balik ke Monas hehehe.

      Lokasi video mapping 2019 ada di sisi barat tugu Monas. Biar gak bingung, saya selalu patokannya gedung Pertamina. Kalau kita berada di sisi barat, gedung ini akan terlihat di depan Sahabat KeNai.

      Sebetulnya, bisa juga mencari area air mancur menari karena berada di sisi yang sama. Tapi, kabarnya air mancur ini sedang proses revitalisasi. Baru dibuka lagi Januari. Siapa tau saat Sahabat KeNai ke sana, air mancurnya juga belum dibuka. Jadi mendingan patokannya gedung Pertamina aja, deh.


      Jadwal Pertunjukkan Video Mapping 2019


      jadwal pertunjukkan video mapping 2019
      Jadwal pertunjukkan video mapping 2019


      Video mapping akan dibuka untuk umum sejak tanggal 22 Desember s/d 31 Desember 2018. Kecuali tanggal 23 karena Monas tutup. 

      Kenapa tanggal 23 tutup? Monas memang setiap hari Senin tutup. Tanggal 30 Desember 2019 sepertinya pengecualian karena menjelang akhir tahun.

      Akan ada 2x penayangan setiap harinya. Pukul 7 dan 8 malam. Setiap pertunjukkan berdurasi 25 menit.

      Tetapi, khusus di malam pergantian tahun sampai 5x jam tayang.


      • Show time 1: 19.00 wib
      • Show time 2: 20.00 wib
      • Show time 3: 21.30 wib
      • Show time 4: 22.30 wib
      • Show time 5: 23.30 wib

      Saat tahun baru nanti juga akan dipromosikan city branding terbaru yaitu "Jakarta yang Baru". Juga mengenalkan aktivitas unggulan Jakarta tahun 2020 yaitu E-Formula.


      #JakartaBerkolaborasi


      “Saat ini Pemprov DKI Jakarta terus berbenah di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif agar bisa menjadi tulang punggung pertumbuhan ekonomi di Jakarta,” ujar Sri Haryati, Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda.

      Pertunjukkan video mapping merupakan salah satu upaya Pemprov DKI untuk terus menarik wisatawan. Tentu saja Monas adalah sebuah ikon. Tetapi, berbagai tempat wisata lain di Jakarta pun akan ikut bebenah.

      Yang dilakukan oleh Pemprov DKI, khususnya di bidang pariwisata, tentunya membutuhkan kerjasama dari banyak pihak. Itulah kenapa hashtag DKI Jakarta saat ini adalah #JakartaBerkolaborasi

      Di akhir Desember ini ada liburan sekolah, Natal, dan tahun baru. Wisatawan yang datang ke Monas tidak hanya warga Jakarta dan sekitarnya. Apalagi saat pergantian tahun ini. Monas selalu ramai banget!

      [Silakan baca: 3 Tempat Wisata Jakarta yang Selalu Ramai Wisatawan]


      Monas


      Gambir, Jakarta Pusat

      Post a Comment

      76 Comments

      1. Jadi keren banget ya monasnya. Penasaran nih pingin liat langsung ke sana

        ReplyDelete
      2. kebayang serunya ini mba liat langsung. Monas tuh bolah dibilang sebagai daya tarik Jakarta. Kalo ke Jakarta, ga sah kalau ga ke monas. Dan kalau ada kegiatan apik kayak gini, makin keren dong

        ReplyDelete
      3. tau jadwalnya video mapping 31 desember ga bu? Rencana pengen malem tahun baruan di monas hehe

        ReplyDelete
      4. Wahh seru nih kalo bisa lihat langsung di Monas..Mudah-mudahan ada kesempatan liburan ke Jakarta lagi...

        dianesuryaman dot com

        ReplyDelete
      5. Wah, aku akhir tahun ke Monas saja kali ya Mba, mungpun ada orang tua juga nih di Cikarang. Thanks infonya, aku pengin nton video maping monas.

        ReplyDelete
        Replies
        1. Kalau gak ada pandemi, kayaknya saat ini Monas sedang rame banget

          Delete
      6. Ya ampun keren banget sih ini, Pemprov DKI Jakarta terus berbenah di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif ya. Makin kece aja nih. Aku belum pernah nih ke Monas malem hari, biasanya pagi

        ReplyDelete
      7. Akhirnya yang ditunggu-tunggu aksinya sampai akhir tahun juga. Semoga tanggal 30 Desember bisa ke Monas, tapi kami dari Bogor sih. Pengen pulang mampir Jakarta dulu buat jelajah kota tua

        ReplyDelete
      8. Mupeeenggggg

        Thn depan daku ada planning k jkt. Moga2 bisa lihat video mapping nan kece ini d Monas, yipiiii

        ReplyDelete
      9. Keren banget demi apa ini baru tahu ada video mapping. Duh kalau tahu ada yang begini enggak dulu pulang ke Bandung dong.

        ReplyDelete
      10. waa seru banget nih kayanya main ke monas, btw keren banget yaa, jadi pengen main ke monas deh, udah lama ga main ke jakarta, biasanya liat monas pas naik turun kereta di gambir hehe

        ReplyDelete
      11. AIh seru yah, kapan ya saya bisa melihat video mapping di Monas.
        Monas itu dari dulu selalu menjadi daya tarik orang luar Jakarta, termasuk yang dari jauh kayak saya ini. Gak sah kalo gak lihat Monas saat ke Jakarta.

        ReplyDelete
      12. Kebayang ini Monas pasti cantik banget deh kalau malam, kok gemes sih itu lihat hasilnya. Kalau sekarang gini main kesana pasti ramai sekali ya mbak, soalnya pengen bawa anakku main kesana.

        ReplyDelete
      13. Duh, kebayang, pasti menarik banget... Baru awal bulan desember kemarin ke jakarta dan main ke monas... Seandainya tau ada acara ini, sekarang-sekarang aja ke jakartanya, hehe...

        ReplyDelete
      14. karena pengalaman tahun lalu jd tahu mana posisi terbaik dan puas melihat monas mapping ya kak .. indah sekali... warna-warni

        ReplyDelete
      15. Monas jantungnya jakarta pusat, sekarang Tamannya juga sudah bagus ya kak, ada lampion lampu lampu

        ReplyDelete
      16. Jakarta yang baru? Semoga terus berbenah dan tidak banjir.

        ReplyDelete
      17. Haaaa pas besok kami ke Jakarta. Moga2 sempat kesini ya karena karena judulnya nemenin suami kerja, aplusan sama temannya yg cuti natalan. Berarti nunggu suami pulang kantoe dulu. Thanks infonya ya.

        ReplyDelete
      18. Aku malah belum pernah main ke Monas, baca tulisan ini jadi pengin.
        Mesti diagendakan kayanya nih

        ReplyDelete
      19. Huhuuuu..pasti meriah ini, ku sukaa nonton video maping juga kalo di gedung Sate,kbayang deh di Monas makin cantic dan seru bais menyambut tahun baruan.
        Cuss atuh pen ke sana juga euy….pp naik kereta yaa, nonton di stasion Gambir ahahahaa

        ReplyDelete
      20. Mantaaab, jadi keren Monas pake Video Mapping kayak gitu.
        Aku tiap ke Monas cuma mentok jajan di halaman doang masa, kagak pernah kesampaian masuk, payah bener akutu hehehe

        ReplyDelete
      21. Kebayang ramenya kayak gimana ya mba liat pas malam tahun baru di monas. Apalagi dengan ada tambahan pertunjukkan yang spektakuler

        ReplyDelete
      22. Wah pas anak-anak lagi di rumah Oma di Bogor, bisa nih diajakin ke Monas..

        ReplyDelete
      23. Wah monasnya jadi keren gitu...
        Pasti rame dan meriah suasananya

        ReplyDelete
      24. Mumpung belum tahun baru nih pingin ah nintin video mapping, kalau malam tahun baru kebayang nanti macet & parkirnya leih susah ya.
        Monas sebagai icon Jakarta bahkan Indonesia mulai terus berbenah ya, aku jadi pingin naik lagi ke puncaknya. Eh tapi mau lihat video mapping dulu deh penasaran dengan sejarah pembangunannya

        ReplyDelete
      25. Duh, dari mana saja aku ya, bahahaha.
        Kebanyakan hibernasi.
        Untung saja main ke sini, jadi tahu deh istilah video mapping Monas ini

        ReplyDelete
      26. Keren abis. Jadi makin kangen sama Jakarta. Dulu ke Monas cuma bisa lihat air mancur yang warna-warni. Yang video mapping belum pernah aku nonton. Huhuhu.

        Ke Monas emang kudu tahu arah dan rutenya, jangan sampai salah parkir juga biar jalannya gak kejauhan. Apalagi kalau acara begini ya, tentunya parkiran full dan pengunjung membludag.

        Jakarta benar-benar baru. ^_^

        ReplyDelete
        Replies
        1. Ahaha makanya aku naiknya kendaraan umum kalau ke sini. Apalagi pas ada event dan padat org udah bingung mau ditaruh dmb kendaraannya haha

          Delete
        2. Iya, Mbak Eri. Parkiran suka membludak kalau ada event

          Delete
        3. Saya juga lebih suka naik transportasi umum, Pril

          Delete
      27. Ini pasti tanggal 31 nya bakalan rame krn banyak org kumpul di sana hehe, jd mending pas tanggal2 sekarang aja ke sana liatnya ya. Anak2 pasti seneng juga tu liat lampu warna warni gtu. Kyknya emang bakal sering diadakan ya mbak pertunjukan ini

        ReplyDelete
        Replies
        1. Andai gak ada pandemi, kayaknya tahun ini bisa ada lagi

          Delete
      28. Aku pengeeen deh nontonnya..ya ampuuun asli kereen banget yaa mba Chi. So proud dengan Jakartaa

        ReplyDelete
      29. Tiap sejam sekali berarti ya mba?
        Aku dulu liat dari kejauhan mapping lampunya itu pas di gambir lumayan buat liat2an. Taun ini jadi pengen dari dekat

        ReplyDelete
        Replies
        1. Iya dari kejauhan juga kelihatan. Tetapi, lebih seru kalau dari dekat

          Delete
      30. Nah ini yang saya tunggu-tunggu. Duuh kapan ke Monas lagi ya. Pengen banget lihat video mapping ini.

        ReplyDelete
      31. Wow mantap jadi ga perlu jauh jauh ke singapura ya kalau mau liat video mapping hihi

        ReplyDelete
      32. Suka banget video mapping monas.
        Teknologi anak bangsa yang bisa dinikmati kisah sejarahnya oleh seluruh rakyat Jakarta.

        ReplyDelete
      33. Waaww asiknya. Menyambut gegao gempita pergantian tahun baru ya mbak.

        Dyg di Surabaya gak ada kayaknya. Harusnya bisa juga di tugu pahlawan. Haha

        ReplyDelete
      34. Seru banget nih video Mapping Monas. Kalau tahun baru nanti pasti padat banget. Aku juga pengen mbak lihat air mancur menari.

        ReplyDelete
      35. Lagi2 cm bisa ngeces mb
        Ideny bagus bgt y mb
        Andai smua kota2 besar jg bgini
        Jd wargany g cuma seneng2 aj nyambut taun baru, tp ada edukasi sjarahny juga untuk menjaga sense of belonging

        ReplyDelete
      36. Dua minggu lalu aku ke Monas padahal. Harus dijadwalkan lagi nih ke Monas supaya bisa liat kecantikan video mapping Monas

        ReplyDelete
      37. Aku belum pernah ke monas, Ci... Padahal udah beberapa kali ke jakarta. Huhuhu... Nnati kalau ke jakarta lagi harus ke monas dan nonton video maping

        ReplyDelete
        Replies
        1. KAlau pun udah gak ada video mapping, tetap asik juga jalan-jalan di Monas

          Delete

      Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)