Satu lagi bakmi yang legend di daerah Jakarta Timur. Namanya Bakmi Tasik di Rawamangun, Jakarta Timur. Kabarnya sudah berdiri sejak tahun 1989.

bakmi tasik rawamangun

Bakmi Tasik Rawamangun Rasanya Bikin Ketagihan


Pertama kali tau Bakmi Tasik waktu ngobrol di WAG dengan sesama blogger. Doel (IG @ceritabangdoel) dan Chichie (IG @akuchichie) yang merekomendasikan Bakmi Tasik. Saya pun langsung googling. Eh, ketemu tulisan kang Aip (ariefpokto.com) tentang resto ini. Oke, kalau gitu saya order!

Karena lagi malas keluar rumah (waktu itu belum ada pandemi), saya memilih order lewat Gofood. Saya pesan mie komplit (pake bakso, pangsit, dan babat). Saya penggemar jeroan. Tetapi, belum pernah cobain mie ayam dikasih babat. Ternyata rasanya memang beneran enak. Langsung bikin ketagihan!

Beberapa bulan setelah itu, saya dan suami ke sekolah Nai. Di sekolahnya sedang ada lomba paskibra antar sekolah se-jabodetabek. Nai jadi salah satu panitia. Makanya kami pengen melihat.

Pulang dari sekolah, kami mencari makan siang. Saya ajakin deh suami ke Bakmi Tasik. Udah kangen juga gak makan bakmi ini.

Bakmi Tasik Rawamangun memang gak buka sampai malam. Bukanya dari menjelang jam makan siang hingga maghrib. Malah kabarnya kalau agak sorean suka habis. Nah, kami tuh seringkali suka malas kulineran siang-siang. Gerah aja hahaha. Makanya jadi jarang banget makan di sini.

Malah pernahnya tuh makan mie kocok yang lokasinya persis di depan Bakmi Tasik. Tapi, ini jualannya kaki lima dan bukanya sampai malam. Kami memang sukanya kulineran malam. Kadang-kadang malam mingguan berdua sama suami hahaha.

Suasana warung Bakmi Tasik Rawamangun siang itu agak ramai. Ya mungkin karena pas dengan jam makan siang. Tapi, kami masih dapat tempat duduk.

bakmi tasik legend di jakarta

Kalau dari luar, gak begitu kelihatan area dalamnya. Apalagi ketutupan spanduk gede berwarna kuning bertuliskan Bakmi Tasik. Saya sempat menyangka kalau di dalamnya tuh sempit dan agak suram. Eh, ternyata tempatnya terang dan bersih. Jarak antar meja juga gak sempit. Membuat pelanggan leluasa untuk bergerak.

Begitu masuk, kami pesan makanan dulu di meja kasir. Saya udah pasti memilih Mie Babat. Kalau suami memilih Mie Baso Yamien Manis. Dia gak suka jeroan dan penggemar yamien manis.


Mie babat
Mie Babat, IDR28K

Gak pakai lama, pesanan kami pun datang. Mienya berwarna putih dengan kekenyalan yang pas. Katanya mi di sini bikin sendiri dan tanpa pengawet. Makanya setiap hari bikin mie.

mie ayam di jakarta
Babatnya lumayan banyak

Buat Sahabat KeNai yang enggak makan jeroan karena bau, dijamin deh babat di sini bersih dan gak ada baunya. Dipotong kecil-kecil dan teksturnya renyah banget. Krenyes-krenyes gitu kalau digigit.

Harga mie ayam di sini bervariasi. Mulai dari IDR20K (mie ayam) hingga IDR38K (mie komplit). Memang agak mahal, apalagi kalau komplit. Tetapi, kalau lihat topping yang banyak, menurut saya sepadan banget sama harganya. Semua mie-nya dikasih topping ayam.

Polosan begini, tanpa dibumbuin lagi udah enak. Kuahnya pakai kaldu ayam. Rasanya udah enak. Paling saya tambahin sambal aja. Dan sambal bawang putihnya ini juga khas. Memang gak bikin sendiri. Tetapi, katanya didatangkan langsung dari Tasikmalaya.

juice jeruk
Juice Jeruk, IDR12K

Untuk minumnya, saya pesan Juice Jeruk. Siang hari yang terik, rasanya segar banget minum jus jeruk. Tetapi, sepertinya saya agak kecewa. Rasanya kurang pas aja buat saya. Agak kemanisan gitu.

es buah
Es Buah

Kalau suami pesan es buah dari penjual mie kocok yang ada di depan. Tentu aja kami tanya dulu boleh atau enggak pesan minuman dari tempat lain. Ini es buahnya yang ala jadul gitu. Bukan yang dikasih susu. Buahnya juga buah lokal seperti pepaya, nanas, dan bengkoang. Dikasih cincau hitam.

Es buahnya dikasih air gula dan buahnya berasa agak mengkal kayak dikasih air kapur. Mengingatkan sama masa kecil saya. Dulu mamah suka bikin es buah begini.

belanja oleh-oleh tasik di jakarta
Bisa beli oleh-oleh Tasik juga di sini

Saya jadi kangen banget ya makan Bakmi Tasik saat menuliskan ini. Tapi, masih agak malas dan khawatir kulineran di saat pandemi begini. Apalagi grafik positif Corona di Jakarta mulai naik lagi akhir-akhir ini. Padahal sebelumnya udah mulai bagus. Sedih, deh. Mulai banyak yang gak tertib, nih! Kayaknya pesan lewat GoFood dulu aja kali ya kalau udah kangen banget.

Bakmi Tasik Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato


Bakmi Tasik Rawamangun


Jl. Paus No.93
RT.1/RW.8, Rawamangun
Jakarta Timur 13220

Phone: +62214712531

Open Hours: 11.00 s/d 18.00 WIB