Main ke Jakarta Aquarium

Main ke Jakarta Aquarium -  Sore itu (kejadian kurang lebih setahun yang lalu), salah seorang kenalan suami yang tinggal di Nepal sedang berada di Jakarta bersama anak dan istrinya dalam rangka liburan. Suami mengajak saya untuk bertemu di Mall Kota Kasablanka (Kokas). 
 
Main ke Jakarta Aquarium

Dalam perjalanan menuju Kokas, kami kembali berdiskusi. Enaknya mau ajak mereka ke mana? Temannya bilang kalau istrinya ingin membeli kosmetik. Minta diajak ke tempat yang tidak terlalu mahal, tetapi barang-barangnya komplit dan bagus.

Karena saya jarang belanja kosmetik, pertanyaan itu saya lemparkan lagi ke salah satu WAG yang banyak beauty influencernya. Dapatlah saran beberapa tempat. Tetapi, pada akhirnya kami gak jadi beli kosmetik karena waktunya gak memungkinkan.

Kami baru sampai Kokas agak lewat dari jam makan siang. Di Sate Khas Senayan, Kota Kasablanka sudah berkumpul teman-teman suami. Teman-teman di Jakarta yang pernah mendaki Everest. Ada juga yang bawa pasangannya seperti kami. 
 
[Silakan baca: 14 Persiapan Menuju Everest]


Dari Kota Kasablanka ke Jakarta Aquarium 


spot foto di jakarta aquarium
Salah satu aquarium yang paling sering dijadiin spot foto sama netizen dan di-upload ke media sosial

 

Sambil makan, mereka berdiskusi mau lanjut jalan-jalan ke mana. Kalau saya dan suami sih sebetulnya kepikiran mau ajak ke Monas. Tetapi, rupanya gak ada yang setuju.

"Ngapain ke Monas? Apa yang mau dilihat?"

Hadeeeuuh! Bagi warga Jakarta mungkin melihat Monas ya gitu-gitu aja. Malah udah bosan kali. Tetapi, kami melihat sudut pandangnya sebagai seorang turis.

Mereka sendiri yang bilang kalau ke Singapore sampai bela-belain buat foto dekat patung Merlion. Saat ke Malaysia ke menara Petronas. Ke negara-negara lain juga selalu mendatangi spot yang menjadi ikon.

Wisata lokal juga begitu. Banyak wisatawan berfoto di depan Tugu Jogja. Padahal bagi warga Jogja sendiri, udah biasa aja melihat tugu itu.

Makanya saya agak gimana gitu ketika pada enggan ke Monas dengan alasan seperti itu. Selain sebagai ikon, lokasi Monas kan juga cukup strategis. Apalagi di bulan itu Monas lagi menggelar event Festivel of Light. Keren-keren lho lampunya. Mau lanjut kulineran lagi atau melihat malamnya kota metropolitan juga asik.  


Selain, itu yang bikin saya agak males-malesan itu karena lokasinya. Kalau bukan karena sesuatu yang penting, saya paling malas ke Kota Kasablanka. Mallnya memang keren dan komplit. Tetapi, menuju ke sana tuh selalu aja macet parah. Tiada hari tanpa macet deh kayaknya kalau ke Kokas.

Belum lagi cari parkiran. Mau masuk ke mall aja, kendaraan sampai antre panjang hingga luber ke jalan raya. Itulah kenapa selalu macet. Saking banyaknya yang pengen ke sini. Makanya sore itu kami memilih menggunakan mobil online. Biar gak pusing cari parkir. Tinggal turun di depan mall.

Trus, dari Kokas mau lanjut ke Jakarta Aquarium, NEO SOHO Central Park? *tepok jidat.

Tetapi, saya juga mengakui memang terselip sedikit rasa senang ketika diputuskan jalan-jalan ke Jakarta Aquarium. Karena saya belum pernah ke sana. Padahal banyak yang bilang tempatnya keren.

Kalau mallnya memang keren. Saya sudah pernah ke sana sebelumnya. Tetapi, sama kayak Kokas. Menuju NEO SOHO tuh selalu macet. Cari parkirnya juga susah banget.

Dan, saat itu malam minggu!

Catet! Malam minggu wkwkkw. Pengen sedikit teriak rasanya kalau dari Kokas lanjut ke NEO SOHO yang jaraknya sekitar 14 km-an.


Jakarta Aquarium Memang Keren!

 
Setelah beberapa usulan, Jakarta Aquarium diputuskan menjadi pilihan. Itu karena permintaan putra dari teman suami. Alasannya di Nepal katanya gak ada laut. Selama ini, anaknya hanya tau ikan dan binatang laut melalui buku cerita.

Bener aja, dong. Macet sepanjang jalan. Baru keluar parkiran Kokas aja udah langsung ketemu macet. Begitu sampai NEO SOHO cari parkirnya juga lumayan susah. Jadi beneran lumayan abis banyak waktu di jalan.
 
harga promo jakarta aquarium
 
Begitu masuk mall, saya melihat booth penjualan tiket Jakarta Aquarium bertuliskan "Buy 1 Get 1 Free". Saya langsung ajak suami ke sana untuk tanya-tanya. Menurut petugasnya, harga promo ini hanya untuk pembelian di booth tersebut. Kalau belinya di loket Jakarta Aquarium tetap harga normal.
 
Sebetulnya kami antara percaya gak percaya. Jangan-jangan hanya ucapan manis sales. Tetapi, gak ada salahnya deh dibeli. Kami tetap akan ke sana juga. 
 
beli tiket jakarta aquarium
Menukar bukti pembelian ke tiket masuk
 harga tiket normal jakarta aquarium
Harga normalnya segini. Saya lupa tanya bedanya Reguler dan Premium
tiket reguler jakarta aquarium
 
Setelah bayar, kami gak langsung dapat tiket. Tetapi, diminta menukarkannya di loket Jakarta Aquarium. Dan ternyata bener apa yang dibilang petugasnya. Kalau beli langsung di loket harga normal. Wuiiih! Lumayan juga ya kami dapat harga promo.

Jakarta Aquarium memang bagus. Dibandingkan Sea World, saya lebih suka di sini. Tetapi, bukan berarti Sea World gak bagus, ya. Hanya menurut saya di Jakarta Aquarium lebih keren.

jakarta aquarium yang ramah anak
Anak-anak harus merangkak kalau mau lewat jalur ini. Di balik kaca bisa terlihat berang-berang
anak-anak di jakarta aquarium
Anak-anak banyak yang betah berlama-lama di sini. Sampai ada beberapa yang tiduran. Pengen lihat ikan yang ada di lantai
membawa anak di jakarta aquarium
Anak-anak berasa kayak di dalam aquarium karena tengahnya bisa dimasukin

 

Aquariumnya banyak yang didisain lebih seru. Jadi kalau ke sini, gak sekadar melihat binatang laut di dalam aquarium. Jangankan anak-anak, saya aja senang melihatnya. Kebanyakan anak terlihat senang di lantai yang transparan. Di bawahnya ada aquarium yang luas. Beberapa anak melihat ikan-ikannya sampai tidur-tiduran. Mungkin berasa kayak berdiri di atas air, ya hehehe.

peraturan memegang bintang laut
Ada petunjuk digital tentang tata cara menyentuh binatang di touch pool. Tetapi, tetap ada petugas yang berjaga. Karena mungkin gak semua pengunjung membaca aturan ini

 

Ada beberapa petugas yang berjaga. Sama lah kayak di Sea World. Di area touch pool ada petugas yang dengan ramah mengingatkan boleh pegang bintang laut, tapi jangan sampai mengangkat dari air.

Bagi saya hal seperti ini penting banget. Masih banyak yang belum tau kalau bintang laut gak boleh diangkat dari air. Saya pernah menceritakan di salah satu tempat wisata di Puncak yang ada aquarium, gak ada petugas yang jaga. Jadi pengunjung bisa bebas mengangkat bintang laut. 😭


binatang laut di jakarta aquarium
 
Keterangan binatang laut yang ada di aquarium kebanyakan sudah digital. Keren sih ini. Terlihat lebih menarik dibandingkan yang konvensional.
 
jakarta aquarium lebih modern
 
Tetapi, gak semua aquarium ada keterangannya. Ada beberapa yang harus scan dulu. Biasanya di aquarium yang ukurannya kecil.
 
Menarik juga sebetulnya karena tetap terkesan lebih modern dan kekinian. Sayangnya ada beberapa yang gak keluar hasil scannya. Terbaca error di layar smartphone saya. Entah karena koneksi internet di hp saya yang kurang bagus atau memang error linknya.

berbagai sampah di laut
 
Hal menarik lainnya adalah, di sini tidak berisi aquarium dengan binatang lautnya. Diperlihatkan juga sampah-sampah yang biasa ditemukan di laut. Ini salah satu edukasi lain tentang keadaan di laut. Kalau ingin laut kita tetap terjaga, please jangan buang sampah sembarangan, ya!

fasilitas di jakarta aquarium
resto di jakarta aquarium
harga makanan jakarta aquarium
 
Ada kantin kecil di dalam Jakarta Aquarium. Kalau lihat dari menunya tidak banyak pilihan. Sahabat KeNai juga bisa sewa powerbank di sini. Tetapi, saya gak tau bagaimana sistem sewanya. Begitupun dengan service dan rasa makanan di sini, ya. 
 
jadwal pertunjukkan jakarta aquarium
Panggung kecil untuk pertunjukkan

 

Jakarta Aquarium terdiri dari 2 lantai. Tempatnya juga ramah untuk pengguna kursi roda. Disediakan baby changing room juga.

Di jam-jam tertentu akan ada pertunjukkan. Saat kami ke sana, show terakhir baru saja selesai. Di Jakarta Aquarium juga suka ada event khusus. Bahkan kabarnya juga bisa booking untuk romantic dinner. Cek IG Jakarta Aquarium aja untuk infonya, ya.

belanja souvenir jakarta aquarium
 
Di ujung pintu keluar, kami harus melewati toko souvenir. Anak teman suami sangat antusias melihat souvenir yang ada. Ya mungkin karena di Nepal tidak ada laut. Jadi, mereka pun membeli souvenir. Tapi, saya juga lupa apa yang dibeli.

Usai dari Jakarta Aquarium, kami lanjut lanjut cari makan malam. Di NEO SOHO juga? Tentu tidaaaaak! Padahal di sini banyak resto karena mallnya besar. Tapi, teman-teman suami gak ada yang mau.

Kami pun melanjutkan ke tempat lain. Cukup bikin saya garuk-garuk kepala yang sebetulnya gak gatal. Nanti aja lah kelanjutannya ceritanya, ya hehehe
 
Btw, di saat pandemi, Jakarta Aquarium udah beroperasional. Tetapi, saya gak tau apakah anak di bawah 2 tahun boleh ikut masuk atau enggak. Baca info dan komen para netizen di medsos, simpang siur juga. Ada yang bilang, ada juga yang bilang enggak. Jadi, mendingan Sahabat KeNai telpon ke Jakarta Aquarium dulu aja ya kalau mau bawa anak usia di bawah 2 tahun.


Jakarta Aquarium


NEO SOHO Lantai LG 101 - LGM 101 
Jalan Letjen S. Parman Kav. 28
Kec. Grogol Petamburan, Jakarta Barat 11470

Telp: +622127893435


IG: @jakartaaquarium

Open hours: 10.00 s/d 22.00 wib (last entry 20.00 wib)

Post a Comment

58 Comments

  1. Paaas banget deh baca ini Chi, aku lagi ingiiin banget ke SEAWORLD tapi ogah jauhnya
    kalo ke sini kan jadi adem dan ga jauh jauh!

    Penasaran deh baca "lebih keren ini daripada Seaworld" karena apa? Karena permainan lampunya kah? Atau fitur kayak jalan di atas kacanya itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena apa? Seperti yang saya tulis di artikel ini aquariumnya lebih bagus. Bikin anak-anak lebih interaktif. Tetapi, memang ini kembali ke selera ya, Mbak. Bisa jadi buat yang lain lebih bagus Seaworld

      Delete
  2. Wah, senangnya yah mbak Myra jadi juga main2 ke Jakarta Quarium. AKu nih sekeluarga belom kesampaian hahaha :) Pas tau harga tiketnya mayan mahal, kami urung berkunjung deh. Eh tapi kalo lg beruntung ada promo asik juga ya :) Iya tuh pengunjung suka bandel angkat2 binatang laut di atas permukaan air kan kasihan ya ngeri mati :( Asik juga ada kantin kecilnya jadi bisa ngisi perut deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain aja ke sana, Mbak. Siapa tau pas ada promo juga :D

      Delete
  3. wahh keren banget ya mbak Jakarta Aquarium ini....
    emang cocok jadi salah satu destinasi wisata keluarga di jakarta....
    ini nggak cuma seru, tapi juga edukatif buat anak anak

    ReplyDelete
  4. Wah seru tu aquarium..jakarta, lucu anak2.pada temgkurep diatas akuarium.., ada nilai edukasi buat mereka ..

    ReplyDelete
  5. Ahhhh teteh jadi bikin aku pengen jalan-jalan juga bawa keluarga ke Jakarta Aquarium jadinya. Soalnya aku ama keluarga belum pernah ke Sea wordl atau Jakarta Aquarium juga. Karena lamanya dulu di Bandung hahaha 😂.

    Semoga pandemi cepet selesai ikh. Ga sabar ngajak jalan-jalannya. Biar tenang jalan-jalannya 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Jalan-jalan ke tempat begini memang menyenangkan untuk anak

      Delete
  6. Waah beruntungnya dapat harga promo, Mbak Chi. BTW di foto itu kelihatan sekali anaknya excited banget ya ... menarik banget buat dia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena di Nepal gak ada laut dan dia gak pernah lihat ikan hehehe

      Delete
  7. Sudah lama pengen ke sini belum kesampaian ajak bocah tempatnya memang seru dan menyenangkan ya mbak. Pasti senang banget nih anak-anak ke sini..

    ReplyDelete
  8. Dah lama banget pengin ke sini. Tapi bayangin harganya yang satunya 200 ribu jadi mundur teratur. Apalagi kami berlima dan kalau kemana-mana pasti anak-anak dibawa semua. Baguus banget ya mbak Chi. Semoga da buy one get one lagi ya kapan-kapan. Kan lumayan banget ya irit.

    ReplyDelete
  9. Aku belum pernah ke Jakarta Aquarium dan malah baru tau niih. Seru juga yaah. Nunggu tiket promo juga ah.

    ReplyDelete
  10. Cakeep banget, kak Myr...destinasi wisata ke Jakarta Aquarium.
    Bakalan jadi next destinasi wisata kami kalau lagi main ke Jekarda niih...

    ReplyDelete
  11. Wow jadi pwngen ajak anak anak ke sana juga. Pasti seneng mgeliat banyak ikan

    ReplyDelete
  12. AKu juga belum pernah ke sini, Mbak. Emang keliatan lebih bagus sih, cuma suamiku selalu ngajaknya ke Sea World, karena bisa sekalian ke gelanggang samudra. Btw, menurutku Monas itu ikonik Jakarta banget lho. Aku kalau lagi ada tamu juga pasti tak ajak ke sana. Dan ujungya sih mereka seneng bisa foto2 depan Monas. Tapi balik lagi ya, masalah selera.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, kah. Kalau untuk yang biasa ke Monas mungkin kesannya biasa aja

      Delete
  13. Ihhh mupeng banget liatnya. Udah lama banget pengen kesini tapi belum kesampean juga. Semoga ada wakt7 dan kesempatan ajakin anak-anak kesini pasti happy. Semoga lagi ada promo juga hehe. Cek ignya dulu lah 😄

    ReplyDelete
  14. Semoga setelah pandemi, bisa ke Jakarta lagi dan sekalian cobain maen ke sini. Seru pastinya, bacanya saja sudah seru.

    ReplyDelete
  15. Bagus bangett ..pasti anak-anak betah ini. Bisa liat binatang laut dari dekat. Edukatif dan menghibur..

    ReplyDelete
  16. Seru nih mainan di Jakarta akuarium, apalagi kalau ngajak ngajak teman tambah seru. Rasanya seneng banget liat hewan hewan laut didalamnya

    ReplyDelete
  17. keren banget Jakarta Aquarium ini, anakku pasti suka kalo diajakin ke sini, tiket masuknya mayan juga ya hehehhe tapi worth it sih sama isi di dalamnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya seneng banget saya pas ada harga promo hihihi

      Delete
  18. jangankan anak-anak. Aku juga suka dan betah lihat ikan-ikan itu. Seru melihat mereka berenang, bergerak ke sana ke mari, ah, semoga bisa main lagi ke sana habis pandemi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama ma saya. Adem gitu kalau lihat binatang laut pada berenang

      Delete
  19. Seru juga bisa mengajak seluruh anggota keluarga ke Jakarta aquarium. Apalagi sudah menerapkan protokol kesehatan. jadi merasa aman dan nyaman deh kalau begitu

    ReplyDelete
  20. Hwaa pengen bangettt ❤️❤️ mudah2an nanti kalo ke Jakarta bisa ke siniii. Aamiin

    ReplyDelete
  21. Seru bangeeeet tempatnya. Rasanya bete dan stres abis macet-macetan jadi hilang ya ngeliat binatang laun berenang2 gini.

    ReplyDelete
  22. Jadi kangen mau ke sana. Terakhir tahun kemarin karena sekalian ada acara peluncuran buku. Semoga bisa ke sana lagi

    ReplyDelete
  23. Salah satu tempat yang mau aku datangi nih mba, tp karena masih corona jd aku masih tkt bawa anak ke sana. Baca blogpost dirimu aku semakin ingin kesana. Thank you sharingnya mba, sudah ada bayangan disana bagaimana jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Semoga pandemi segera berlalu. Jadi bisa main ke sini dengan lebih nyaman

      Delete
  24. Bulan ini memang banyak banget yang ke sini laku diupload di Instagram. Ternyata lebih bagus dari cerita yang di sana.
    Duh, pengen banget ke Jakarta dan main ke sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tempatnya bagus, Mbak. Saya betah lihat ikan di Jakarta Aquarium

      Delete
  25. Omaygaaat asik banget itu dapat promo buy 1 get 1 yaa untuk ke Jakarta Aquarium, anakku suka banget kesitu mba, apalagi pas liat hiu besar tuh

    ReplyDelete
  26. Aku belum pernah kesana tuh mbk. Daerahh mana sih? Bagusan mana sama sea world ? Kl sea world aku udh pernah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua pertanyaannya udah saya tulis di postingan ini ya, Mbak :)

      Delete
  27. Sebelum pandemi udah penasaran bgt pgn ke Jakarta Aquarium tapi blm jadi jadi. Skrg mau ke sana masih worry krn punya balita :(

    ReplyDelete
  28. jakarta aquarium ini salah satu wishlist yang lagi pengen banget aku kunjungi bareng anakku nih. seru ngebayangin dia heboh liat ikan di sana

    ReplyDelete
  29. Jakarta aquarium memang keren, unik dan konsepnya beda. Ya mungkin mereka emang ingin membedakan dari seaworld karena seaworld ada lebih dulu kan... Btw, aku pun masih lebih suka Jakarta aquarium. Hewan ya variatif, penjaga ya banyak dan ramah. Ada penguin juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget, Mbak. Lebih suka di Jakarta Aquarium. Cuma harga tiketnya aja yang saya gak suka hahaha

      Delete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)