Keliling Bogor, Menginapnya di Padjadjaran Suites Hotel & Conference

Keliling Bogor, menginapnya di Padjadjaran Suites Hotel & Conference - Yeaay! Inilah cerita kami selama 3 hari 2 malam di sana :)

Menginap di Padjadjaran Suites Hotel & Conference

Bogor mengingatkan saya tentang sebuah impian yang lama-lama memudar ...

Tsaahh! Kesannya mellow banget kalimat pembukanya. Bukan saya banget hehehehe. Tapi memang bener, sih. Dulu, saya punya impian pengen tinggal di Bogor kalau sudah berkeluarga.

Saya punya beberapa kenangan tentang Bogor. Ketika kecil, salah satu tempat wisata yang paling sering dikunjungi bersama orang tua selain Ancol dan TMII adalah Kebun Raya Bogor. Karyawisata bersama sekolah dari zaman SD sampe SMP pasti ada cerita jalan-jalan ke Bogor. Zaman kuliah juga beberapa kali ke Bogor bersama teman atau pacar, sekadar untuk makan siang. Pas ngantor, lumayan sering juga ke Bogor untuk urusan kerjaan. Gimana saya gak kepengen tinggal di Bogor coba kalau kayak begitu.

Tapi, impian ya tinggal impian ... Lama-lama udah betah tinggal di planet Bekasi hahaha. Dan, sejak nikah malah nyaris gak pernah ke Bogor lagi. Padahal gak jauh juga dari rumah. Paling 1 s/d 1,5 jam saja perjalanan dengan catatan di tolnya gak macet, ya.

---------------

Selama di Bogor, kami selalu jalan kaki dan naik angkot. Biar hujan-hujanan yang penting tetep eksis hehehe

Saya: "Minggu depan, kita nginep di Bogor. Di hotel Padjadjaran. Mumpung ada long weekend. Enaknya ngapain selama di sana, ya?"

Sudah jadi kebiasaan kami untuk mengajak anak-anak diskusi dulu sebelum jalan-jalan. Biar sama-sama happy.

Keke: "Wisata kuliner aja, Bun."
Saya: "Nah, Bunda juga maunya begitu. Mumpung letak hotelnya di pusat keramaian, kemana-mana kita naik angkot aja."
Nai: "Kenapa gak pake mobil aja?"
Saya: "Bogor sering macet, Nai. Apalagi long weekend gini. Mending mobilnya di parkir di hotel aja."
Nai: "Kita ke Bogornya naik kereta apa mobil?"
Saya: "Nah, itu belum tau, deh. Etapi, mumpung itu libur imlek, mau kan ikut ngelihat klenteng? Kali aja ada kemeriahan apa gitu saat imlek."
Keke: "Iya, boleh."

Sahabat KeNai, bulan September lalu, saya pernah bikin postingan yang berjudul "Get Lost in Bogor." Postingan dalam rangka ikut lomba blog Mbak Arin yang bertema Piknik Itu Penting. Di postingan itu menceritakan keinginan saya untuk bisa keliling Bogor tanpa perencanaan, hanya mengikuti langkah kaki.

Tapi, memang belum berani juga, sih kalau pergi sama anak-anak tanpa perencanaan. Walaupun sempat coba juga waktu pulang camping. Keluar dari stasiun Paledang, naik angkot buat cari makan. Ya, bukan mengikuti langkah kaki tapi mengikuti roda angkot hehehe. Sampai kami pun turun di depan salah satu resto

(Silakan baca: Special Menu di Pia Apple Pie).

hari pertama menginap di padjadjaran suites hotel

Kami berangkat hari Sabtu (6/2) pukul 12 siang. Agak kesiangan sebetulnya, sehingga sempat menikmati macet di pintu tol Cibubur. Mudah sekali mencari lokasi hotel ini. Tidak lama setelah keluar dari pintu tol Bogor, kami pun tiba di Padjadjaran Suites Hotel & Conference. Lokasi yang strategis menjadi kelebihan dari hotel bintang 4 ini. Selain dekat dengan pintu tol, hotel ini juga dekat dengan berbagai tempat kuliner.

Hari pertama, makan siang di Lemongrass

Karena sudah lewat jam makan siang dan perut belum diisi, setelah parkir kendaraan di hotel dan chek in lalu kami memilih makan siang di Lemongrass. Sebelum ke sini, saya membaca beberapa review yang mengatakan susahnya cari parkir kalau mau makan di Lemongrass. Rame banget restonya. Tapi kami tinggal nyebrang ajah karena lokasi hotel dan Lemongrass tepat bersebrangan. Ya, ini salah satu keuntungan bagi kami. Asiiikk!

Ini adalah rate saat kami menginap di sana. Kami harus menambah sebanyak IDR700K untuk tambahan 1 extra bed selama 2 malam.

Searah jarum jam, dari kiri atas

• Kamar kami bersebelahan dengan lounge
  • Setelah cape loncat-loncatan di kasur, Nai langsung tiduran di bawah tempat tidur sambil nonton tv
  • Kalau bingung mau kemana, bisa baca beberapa tempat wisata yang disediakan di kamar
  • Ada balkonnya

Selesai makan  siang, kami memilih istirahat di kamar. Excecutive room adalah kamar yang kami tempati saat itu. Di sana ada beberapa tipe kamar, yaitu Superior, Deluxe, Executive, dan Royal Suite. Di hari pertama memang lebih memilih untuk menikmati kenyamanan kamar. Tidur siang, nonton tv, atau internetan dimana WiFi hotel lancar jaya.

Makan malam hari pertama di RM Trio

Malam harinya, kami makan malam di resto padang RM Trio. Ini rumah makan termasuk yang jadul. Lokasinya deket banget sama hotel. Cukup 7 menit berjalan kaki. Saya mengamati sekeliling, saat berjalan kaki. Tepat di samping RM Trio ada rumah sakit, yaitu RS Azra. Minimarket juga ada tepat di seberang RM Trio. Bahkan masih ada satu lagi rumah sakit yang juga lokasinya berdekatan dengan hotel, yaitu RS Mulia.

hari kedua menginap di padjadjaran suites hotel

Saya suka banget dengan menu breakfast di hotel ini!

Di resto hotel ada kolam ikannya. Banyak anak yang senang sarapan sambil melihat ikan

Beberapa minuman yang disediakan, selain air putih, kopi, dan teh. Untuk susu ada 2 macam, yaitu susu sapi dan susu kedelai. Ada jamu kunyit asam dan gula asam. Untuk juice ada 4 macam, yaitu guava, water melon, apple, dan healthy (sawi + lemon)

Pilihannya banyaaakk dan enak. Yang menyenangkan lagi, untuk kue-kuenya selain banyak pilihan juga ada beberapa kue tradisional Indonesia. Malah untuk minumnya gak hanya disediakan air putih, susu, dan juice. Tapi, jamu juga ada, lho. Saya, sih, bukan penggemar jamu tapi melihat ada hotel yang menyajikan jamu di menu breakfast rasanya jarang, deh. Untuk juice juga di sini ada juice sayur. Dan, di sini pula untuk pertama kalinya saya merasakan juice sayur.

Rasanya? Hmmm ... Saya pilih juice buah aja, deh hehehe. Enak, sih, tapi tetep aja buat saya kalau sayur lebih suka dilalap atau ditumis :D

Beberapa makanan dan minuman yang kami cicipi. Searah jarum jam dari kiri atas:

• Kolang-kaling dengan rasa cocopandan (merah), markisa (orange), dan melon (hijau)
  • Soto Kediri yang enak banget
  • Healthy Juice (sawi + lemon)
  • Nasi Goreng, Mie Goreng, Tumis Terong, Ikan Patin Bumbu Kuning, dan Kerupuk. Ikan patinnya mengingatkan saya sama masakan mamah

Aneka kue. Sebetulnya pilihannya masih banyak lagi, gak cuma 3

Diantara semua makanan yang disediakan, saya paling suka soto kediri. Enak bangeeett! Sayangnya saya baru nyadar ada soto kudus setelah perut mulai kekenyangan karena mencicipi berbagai menu. Daaannn ... di hari ketiga, soto kediri gak ada. Huaaa ... saya masih pengen mencicipi rasa sotonya.

Di hari pertama, saya sempat bertanya dengan salah seorang staff hotel. Pak Gilang namanya. Saya menanyakan tempat wisata dan kuliner yang bisa dikunjungi. Beberapa yang disarankan Pak Gilang ada di daerah Puncak. Iya, sih, Puncak memang masih termasuk Bogor tapi kami lagi gak mau ke sana. Long weekend kayak gitu pasti macet banget. Pengennya seputaran kota Bogor saja.

Dari Pak Gilang pula saya tau kalau kemeriahan Imlek justru pada saat Cap Go Meh. Artinya, saat kami di sana, ya tidak ada kemeriahan apapun berkaitan dengan Imlek. Ya, sudahlah akhirnya kami memutuskan untuk ke Kebun Raya Bogor (KRB) aja. Memang termasuk yang direncanakan juga mau ajak anak ke KRB. Apalagi saat itu anggrek raksasa di KRB sedang mekar.

(Silakan baca: "Mencari Anggrek Raksasa di Kebun Raya Bogor. (Tidak) Malu Bertanya, Tetap (Ter)Sesat di Jalan")

Eheemm ... Mentang-mentang sehari menjelang ulang tahun pernikahan, berduaan aja, nih. Anak-anak ditinggal di belakang :p

Makan siang hari kedua di Green Garden Cafe

Pukul 10.30, kami menuju KRB. Gak jauh lokasi, hanya 10 menit naik angkot sudah sampai di KRB. Setelah berputar-putar jalan kaki selama kurang lebih 2 jam hanya untuk cari anggrek raksasa, kami pun memutuskan makan siang di Green Garden Cafe yang lokasinya di dalam KRB. Udah males cari makan lagi di luar. Mending yang masih satu lokasi ajah, deh.

Selesai makan, kami memilih beristirahat lagi di hotel. Kaki pegel hehehe. Lagian pas makan siang di KRB, sempat turun hujan deras. Pas pulang juga masih rada kehujanan. Jadi, mending istirahat dulu, deh sampai waktunya makan malam.

Nunggu Nai berenang, kena angin sayup-sayup, bikin ngantuk berat. Untung Keke akhirnya menyusul, jadi Nai berenang ditemani Keke. Saya kembali ke kamar, berduaan ma suami *eh :p

Sampai hotel, boro-boro bisa istirahat. Nai minta ditemenin berenang. Ya, saya cuma nemenin di pinggir karena lupa bawa penutup kepala. Heuuu ... Nasiiib ... nasiiib .... Kolam renangnya tidak besar, tapi cukuplah buat menyenangkan anak-anak. Mungkin yang harus agak diperhatikan adalah beberapa tamu hotel yang saat itu berenang, memilih untuk bilas dan ganti pakaian di kamar masing-masing. Akibatnya, area dari kolam hingga ke lift suka agak becek. Tapi saat itu ada petugas yang mengepel lantai agar tidak licin. Hanya saja mungkin dipertimbangkan juga solusi lain supaya gak becek.

Makan malam hari kedua di Kedai Kita. Nai ketiduran karena kelelahan. Ah, drama lah pokoknya di sini ;)

Untuk makan malam, kami memilih Kedai Kita. Tempat makan yang lagi ngehitz itu. Banyak yang rekomendasiin, lah. Setelah kami kesana, hmmm ... nanti aja ceritanya, ya. Yang pasti ada beberapa dramanya hehehe ... *saya jadi lelah hihihi ...*

hari ketiga di padjadjaran suites hotela

kenyamanan menginap di Padjajaran Suites Hotel & Conference
Sarapan di hari ketiga

Di hari ketiga kami di sana, yang paling senang adalah Nai. Sahabatnya menyusul ke hotel. Jadi ceritanya, sejak hari pertama di sana, Nai chatting ewat LINE terus sama sahabatnya. Trus, sahabatnya lengsung minta saat itu juga ke orang tuanya untuk ke Bogor. Menginap di hotel yang sama dengan kami.

Nai berenang bersama sahabatnya. Kalau pagi, di area kolam juga ada makanan seperti bakso dan aneka kue. Tapi, kalau di kolam renang harus bayar lagi.

Keinginan sahabatnya itu dikabulkan, tapi mereka baru berangkat di hari kedua. Itupun sudah malam. Jadi dihari kedua gak sempat ketemu karena saat mereka datang, kami sedang makan malam di Kedai Kita.

Awalnya Nai gak percaya waktu sahabatnya bilang kalau dia udah ada di Padjajaran Suites Hotel & Converence. Menginap di kamar Royal Deluxe di lantai 5. Menurut orang tuanya, seluruh tipe kamar sudah full. Hanya tersisa 1 kamar di Royal Deluxe. Ya udahlah diturutin. Demi anak, katanya hehehe.

Setelah ketemu sahabatnya, Nai main bersama sahabatnya terus. Sarapan, berenang bareng, hingga main di kamar temannya. Baru pisah setelah check out. Emang deh mereka berdua sahabatan banget. Padahal besoknya juga ketemu lagi di sekolah. Sekelas pula dari dulu hehehe.

Pura-pura jadi mannequin di Dapur Cokelat hehehe ...

Setelah check out, rencananya mau makan siang dulu di Rumah Sumsum. Sebelumnya mampir dulu ke Dapur Cokelat, Nai ingin membeli oleh-oleh buat teman-teman terdekatnya. Lokasi Dapur Cokelat sebetulnya gak jauh dari hotel. Tapi karena sudah check out, kami pakai mobil kesananya. Lagipula, sesaat setelah check out hujan turun dengan derasnya. Kalau gak inget pengen makan siang di Rumah Sumsum, kayaknya pengen sejenak nyeruput cokelat hangat di sana.

Begitu keluar dari Dapur Cokelat, saya buka Google. Mau cek lagi alamat Rumah Sumsum. Dan, ternyata dapat info kalau Rumah Sumsum selalu tutup setiap hari Senin. Yaaa ... gak jadi makan di sana, deh :(

Makan siang di Riung Gili-Gili sebelum pulang ke rumah

Gak punya rencana cadangan bikin kami sempat bingung juga. Kepikiran untuk cari makan di dekat rumah aja kalau gak ada ide. Pas lagi mikir, mobil kami melintas salah satu resto yang bernama Gili-Gili. Spontan langsung putar balik, memutuskan makan di sana.

Alhamdulillah, semua makanan dan minuman yang kami pesan di Riung Gili-Gili rasanya enak semua. Gak jadi manyun, deh hehehe. Tanggal 8 Februari itu kan gak hanya Imlek tapi juga hari ulang tahun pernikahan saya dan suami yang ke-13. Seneng aja jadinya kalau selama 3 hari itu sebagian besar cerita jalan-jalannya menyenangkan.

[Silakan baca: Sop Gurame Asam Pedas Riung Gili-Gili]

Saya masih pengen ke Bogor lagi. Masih banyak tempat terutama kuliner yang belum saya cicipi. Rumah Sumsum, Sate Kambing Pak Rebing, menyusuri Suryakencana adalah sederetan rencana yang belum kesampaian.

Mudah-mudahan bisa terlaksana lagi. Nginepnya di Padjajaran Suites Hotel & Conference lagi aja, deh. Selain tentang lantai becek antara kolam renang dan lift, kekurangan lain dari hotel ini adalah area parkir yang terbatas. Untungnya, lokasi hotelnya strategis banget. Selama di Bogor kami gak naik mobil sama sekali, lho. Turun-naik angkot aja di sana plus jalan kaki. Cuaca Bogor juga lagi bersahabat banget. Sempat hujan tapi sebentar, kecuali pas kami check out. Hujan deras dan lama.

Tapi, namanya juga kota hujan. Kalau gak kehujanan di Bogor rasanya belum afdol hihihi. Tip saya adalah siapkan jas hujan dan sepatu atau sandal yang nyaman apabila ingin berjalan-jalan di Bogor.

Selain itu, semua staffnya ramah. Pilihan breakfastnya banyak banget. *Saya masih kangen sama soto kedirinya hehehe* *Teteuuuppp ...* Kamarnya juga nyaman dan bersih.

Mumpung bulan Mei ada long weekend, tuh. Sahabat KeNai udah ada rencana kemana? Kalau ke Bogor, menginap aj di Padjajaran Suites Hotel & Conference. Booking dari sekarang. Long weekend biasanya penginapan suka penuh :)