Menjaga Rumah Tetap Aman dengan BARDI Smart Indoor Static IP Camera - Bila tidak ada pandemi COVID-19 mungkin saat ini mulai terjadi keramaian arus mudik dan liburan ke luar kota. Di bulan Desember ini setidaknya ada 3 momen spesial yaitu liburan sekolah, Natal, dan tahun baru. Jadi, pergerakan tidak hanya dilakukan oleh masyarakat yang merayakan natal. Banyak juga yang mengambil cuti akhir tahun karena anak-anak mulai libur sekolah dan ingin merayakan tahun baru.

bardi smart indoor ip camera
 
Tetapi, di saat pandemi tentu tidak bisa sebebas dulu berlibur. Justru saat ini paling disarankan untuk tetap berada di rumah aja. Agar penularan virus bisa segera ditekan dan pandemi segera usai. Duh! Semoga aja tahun 2021 udah bebas dari pandemi, ya. Aamiin Allahumma Aamiin.

Baidewei, apakah Sahabat KeNai pernah terpikir untuk memasang IP Camera di rumah?

IP camera bukanlah hal baru bagi kami. Pertama kali menggunakan alat ini tuh beberapa tahun yang lalu. Saat kami akan jalan-jalan keliling pulau Jawa selama kurang lebih 7 hari. Kami pasang alatnya di kamar tidur.

Ada kejadian lucu waktu itu. Kami WA asisten rumah tangga untuk membereskan kamar. Ketika dia sedang membereskan kamar, kami pantau dari aplikasi IP camera kemudian difoto.

Setiap kali difoto, kameranya mengeluarkan suara 'klik'. Setiap kali suara itu terdengar, asisten kami celingukan. Ekspresinya kayak kebingungan karena tiba-tiba mendengar suara yang misterius. Kami pun ketawa-tawa melihat ekspresinya.
 
Ketika kami mengirimkan foto ke hp asisten, dia kaget dan kebingungan. Kok bisa sih kami tau kalau dia sedang beresin kamar?

Akhirnya kami jelasin kalau di kamar memang dipasang kamera. Kami melakukan itu bukan karena curiga dengan asisten. Tetapi, memang pengen ngetes fungsi IP camera yang kami pakai sekaligus ngerjain asiten hehehe.

 

Fungsi IP Camera

 
manfaat menggunakan ip camera
 
Secara general fungsi IP camera sama dengan CCTV yaitu untuk memantau. Tetapi, IP camera membutuhkan koneksi internet agar bisa berfungsi. 
 
Secara penggunaanya IP camera lebih praktis. Sahabat KeNai bisa memantau di mana pun melalui aplikasi. Tangkapan layarnya pun lebih bagus karena digital.

Dengan kemudahan melihat melalui aplikasi, alat ini bisa membuat traveling menjadi lebih aman dan nyaman. Setiap saat kita bisa memantau kondisi rumah.

Kalau pun rumah berada di lingkungan yang aman, bukan berarti IP camera gak dibutuhkan, lho. Kami pernah memasang beberapa kamera ini di rumah mertua. Saat itu penghuninya kan sudah sepuh semua. Ada mertua kami dan nenek suami. Tidak ada satu pun yang masih muda tinggal di sana.
 
Meskipun sering menelpon untuk menanyakan kondisi. Sesekali menginap di rumah mertua, tetapi tetap aja berasa ada yang kurang. Makanya dengan memasang IP camera di beberapa titik, sangat membantu kami untuk memantau. Bisa setiap saat melihat kondisi orang tua.

Di rumah adik saya juga pasang IP camera. Anak pertama mereka baru saja lahir. Adik saya dan istrinya bekerja. Memang di saat pandemi ini, adik saya dan istrinya bekerja dari rumah. Tetapi, ketika nanti sudah kerja kantoran lagi, tentu kamera ini akan semakin berfungsi. Tidak hanya untuk menjaga keamanan. Kamera ini juga bisa digunakan untuk melihat aktivitas anaknya di rumah.


Review BARDI Smart Indoor Static IP Camera

Harga: Rp330.000,00

menjaga rumah tetap aman ketika traveling
 
Beberapa bulan setelah papah mertua wafat (mamah mertua dan ibunya sudah wafat beberapa tahun lalu), kami tidak lagi menggunakan IP camera. Tetapi, ketika ke rumah adik, kami melihat IP camera terpasang. Jadi pengen pasang kamera ini lagi.

Apalagi sekarang sedang pandemi. Sektor perekonomian yang ikut terkena imbas membuat keamanan jadi terpengaruh juga. Kabarnya, tanaman di rumah aja bisa jadi incaran orang gak bertanggung jawab.

Saat ini, saya pakai BARDI Smart Indoor Static IP Camera. Ukurannya kecil mungil dengan berat yang ringan. Ukurannya yang kecil ini bisa ditempatkan di manapun misalnya di atas meja, menggantung di plafon, atau lainnya.
 
Bentuk kamera yang mirip lolipop memiliki jangkauan 105 derajat. Lumayan luas lah pandangannya. Uniknya, batang penyangganya bisa dibengkokkan. Sehingga Sahabat KeNai bisa menentukan sudut pandang yang diinginkan.

Perangkat ini juga dilengkapi dengan microphone. Kita bisa memanggil orang rumah melalui aplikasi di smartphone. Nanti suaranya akan terdengar di IP camera ini. 
 
Untuk komunikasinya bisa 2 arah. Orang rumah bisa menjawab panggilan melalui IP camera. Tetapi, tidak bisa menatap balik. 
 
Kualitas kameranya bagus juga. Terlihat jelas di layar hp. Tidak hanya ketika ruangan terang. Bila suasana gelap, otomatis pindah ke night vision.

Video live yang dilihat melalui aplikasi jedanya sekitar 1 detik. Suara yang terdengar pun jelas. Fitur motion detection berfungsi untuk menangkap setiap gerakan yang tertangkap kamera.

Sensitivitas gerakan yang tertangkap kamera bisa diatur. Nantinya setiap snapshop  akan ada notifikasinya melalui smartphone. Kalau Sahabat KeNai memasukkan microSD di bagian belakang kamera, bisa dipakai untuk merekam.
 
Menurut saya, memasang IP camera memang banyak manfaatnya. Apalagi BARDI Smart Indoor Static IP Camera dilengkapi berbagai fitur lainnya. 
 
Saat rumah ditinggal dalam keadaan kosong pun, Sahabat KeNai juga tetap bisa memantau. Bisa menimbulkan rasa aman dan nyaman ketika traveling.

Tetapi, fungsi lainnya bisa melihat kondisi orang rumah. Seperti yang kami lakukan ketika menaruh beberapa kamera pengawas di rumah mertua.

Produk BARDI ini ternyata banyak juga, lho. IP camera aja ada yang untuk outdoor. Wah! Semakin komplit nih keamanannya kalau punya keduanya.

Produk BARDI lainnya yang sudah saya pakai adalah Smart Light Bulp dan IR remote. Sudah saya ulas di blog KekeNaima. Praktisnya semua bisa dikontrol melalui 1 aplikasi yaitu BARDI Smart Home. Recommended!