6 Tempat Wisata Terbaik di Malaysia

Tadinya Malaysia gak pernah jadi whistlist saya untuk destinasi wisata. Kalau pun ada ketertarikan, saya hanya ingin ke Melaka dan Penang. Tetapi, entah kapan bisa ke sana karena memang gak pernah juga membuat rencana.

6 tempat wisata terbaik di malaysia

Sampai di tahun 2018, saya dak keluarga besar pergi ke Kuala Lumpur, Malaysia. Ada acara ngunduh mantu. Karena suami sepupu saya berkewarganegaraan Malaysia.
 
Rencananya, saya sekeluarga hanya akan sebentar di Kuala Lumpur. Hanya untuk datang ke acara ngunduh mantu. Setelah itu, cuzz ke Melaka. Eh, gak taunya papah dan mamah pengen ikut. Jadi rencana berubah total. Tetap di Kuala Lumpur aja. 
 
Karena kami berencana akan banyak berjalan kaki saat di Malacca. Kalau ajak mamah dan papah kayaknya kasihan. Waktu kami jalan-jalan ke Singapore, papah dan mamah terlihat kecapean karena terlalu banyak berjalan kaki.

Saya pun segera membuat itinerary baru. Googling berbagai tempat wisata di Kuala Lumpur. Alhamdulillah puas banget. Malah berasa kurang. Pengen banget bisa balik ke Malaysia lagi. Jalan-jalan di Kuala Lumpur lagi pun saya masih mau.

[Silakan baca: Resepsi Pernikahan di Malaysia]

Selain Singapura, Malaysia menjadi salah satu negara ASEAN yang banyak dikunjungi wisatawan dari Indonesia. Bukan tanpa alasan, destinasi yang mendapat julukan Negeri Jiran ini memang punya banyak destinasi wisata menarik yang pas untuk liburan bersama keluarga, kerabat, teman, atau bahkan perjalanan sendirian alias solo traveling.

Keragaman suku bangsa yang ada di Malaysia membuat negara ini hadir dengan nuansa budaya dan wisata yang begitu berbeda. Tak hanya itu, liburan dengan menjelajah alam di sini pun patut dicoba. Meski sekarang kondisi belum mendukung untuk berlibur setiap saat, kamu tetap bisa berkunjung ke Malaysia dengan memperhatikan aturan dan syarat masuk Malaysia 2021. Informasi lengkapnya bisa kamu temukan di aplikasi Traveloka.


Rekomendasi Destinasi Wisata Menarik di Malaysia


Ada banyak sekali destinasi wisata menarik yang bisa Sahabat KeNai kunjungi di Malaysia. Sesampainya di sini, pastikan tempat berikut masuk dalam kunjungan liburan Sahabat KeNai, ya!


Taman Kuala Lumpur City Center (KLCC)

taman kuala lumpur city center malaysia

Sahabat KeNai bisa mengawali liburan ke Malaysia dengan berkunjung ke Taman KLCC yang berlokasi tepat di bawah Menara Petronas. Taman ini sering digunakan oleh penduduk setempat untuk berolahraga, seperti bersepeda atau jogging. Ada pula yang hanya duduk di taman sambil menikmati indahnya taman dengan pemandangan megahnya gedung pencakar langit di sekelilingnya.

Daya tarik lain yang dimiliki taman ini adalah adanya danau buatan dengan air mancur yang sangat indah. Kalau beruntung, Sahabat KeNai bisa melihat pancuran air dengan warna-warni yang begitu indah setiap malam hari. Tidak harus membayar biaya masuk kalau ingin menghabiskan waktu di sini. Letaknya yang berada di pusat Kota Kuala Lumpur membuat taman ini begitu strategis dan sangat mudah dijangkau oleh kendaraan umum.

[Silakan baca: Jalan-Jalan Seharian di Kuala Lumpur]


Menara Petronas

menara petronas malaysia

Setiap negara tentu punya ikon masing-masing. Misalnya, Singapura memiliki Patung Merlion dengan kepala singa dan tubuh ikan. Sementara itu, Malaysia punya Menara Kembar Petronas. Bangunan ini pernah menjadi menara paling tinggi di dunia antara tahun 1998 hingga 2004. Setelahnya, ketinggiannya digantikan oleh menara Burj Khalifa yang berada di Dubai.

Tak hanya menjadi sentra bisnis untuk banyak perusahaan terkemuka di Malaysia, gedung kembar ini juga memiliki jembatan udara yang menjadi daya tarik lainnya. Jembatan tersebut menjadi penghubung antara dua menara, tepatnya pada lantai 41 dan 42 yang dibangun dengan ketinggian 170 meter dari atas tanah. Jika ingin berkunjung, Sahabat KeNai harus membeli tiket terlebih dahulu mulai pukul 09.30 waktu setempat setiap harinya.

Pihak gedung membatasi kunjungan wisatawan di menara ini maksimal hanya 1700 orang setiap harinya. Jadi, Sahabat KeNai mungkin harus mengantre dari pagi untuk bisa menapaki jembatan udara di menara kembar ini.


Bukit Bintang
bukit bintang malaysia

Destinasi satu ini disebut sebagai Time Square-nya Malaysia. Sahabat KeNai tidak akan melihat bintang di sini, tetapi berbelanja berbagai produk, mulai dari produk lokal hingga barang-barang dengan kualitas ternama. Ya, Bukit Bintang merupakan sentra belanja yang banyak dikunjungi wisatawan.

Tak hanya itu, Sahabat KeNai juga bisa menjajal menu-menu khas Malaysia dan sajian lainnya di restoran maupun kafe yang berada di kawasan ini. Tak ketinggalan, pedagang pinggiran di sisi jalan yang turut menawarkan berbagai kuliner khas dengan harga yang terjangkau.

[Silakan baca: Menyimpan Memori di Gold3 Boutique Hotel, Bukit Bintang]


Langkawi Cable Car

Selanjutnya, pastikan Sahabat KeNai tidak ketinggalan untuk mendapatkan pengalaman liburan tak terlupakan di Malaysia dengan menjajal Langkawi Cable Car. Sahabat KeNai bisa menikmati pemandangan alam berupa hutan tropis yang menawan dengan cara yang berbeda, yaitu naik gondola. Destinasi ini menghabiskan waktu selama 30 menit berkendara dari pusat Kota Kuah atau sekitar 15 menit berkendara dari Bandara Internasional Langkawi.

Stasiun gondola akan beroperasi mulai pukul 10.00 hingga 19.00 waktu setempat. Kalau Sahabat KeNai ingin mencobanya, siapkan biaya sebesar RM 15 untuk dewasa, dan RM 5 untuk harga tiket anak.


Gua Batu (Batu Caves)

batu caves malaysia

Saya pribadi sebetulnya takut melihat patung besar. Makanya tidak datang ke Batu Caves. Tetapi, bukan berarti tempat wisata ini tidak recommended bagi siapapun, ya. Banyak wisatawan Indonesia yang datang ke sini bila sedang di Malaysia.

Gua Batu atau Batu Caves adalah ikon sekaligus destinasi wisata yang populer di kawasan Selangor. Tempat ini menjadi area yang suci untuk pemeluk agama Hindu. Jika berkunjung pada waktu yang tepat, Sahabat KeNai berkesempatan untuk turut merayakan acara Thaipusam yang digelar setiap tahun. Acara ini terbuka untuk umat Hindu dari seluruh penjuru dunia.

Gua Batu sendiri merupakan gua batuan kapur. Tempat ini memiliki tiga gua besar sebagai gua utama dan beberapa gua lain dengan ukuran yang lebih kecil. Kamu akan disambut oleh Patung Dewa Murugan yang berlapis emas dengan tinggi mencapai lebih dari 40 meter saat pertama masuk ke sini.

Setelah itu, Sahabat KeNai masih harus menaiki sekitar 272 anak tangga curam. Jadi pastikan selalu berhati-hati dan kenakan alas kaki serta pakaian yang nyaman. Sambil menyusuri satu per satu anak tangga, Sahabat KeNai akan ditemani banyak monyet liar.

[Silakan baca: Pah, Maaf, Ya, Gak Jadi Jalan-Jalan ke Batu Caves]


Bukit Bendera

Terakhir, ada Bukit Bendera yang merupakan area wisata yang berada di dataran tinggi Penang. Banyak sekali destinasi wisata yang bisa kamu sambangi di sini, mulai dari berbagai situs ibadah agama Hindu, wisata alam, dan pastinya wisata belanja. Sepanjang perjalanan hingga tiba di puncak, Sahabat KeNai akan melihat indahnya pemandangan alam khas pegunungan. Sesampainya di puncak, Sahabat KeNai dapat menikmati suasana yang asri, sejuk, dan segar sambil menyesap teh atau kopi panas.

Malaysia memang sangat menarik untuk dituju, apalagi jaraknya yang terbilang tak terlampau jauh dari Indonesia. Jadi, Sahabat KeNai tidak membutuhkan waktu lama di perjalanan. Nah, siap untuk menjelajah Malaysia?

Post a Comment

0 Comments